Kompas TV nasional sapa indonesia

Keputusan UN Dihapus, Kemerdekaan Belajar atau Malas Belajar?

Rabu, 11 Desember 2019 | 21:30 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim menetapkan empat program pembelajaran nasional. Nadiem menyebut empat program ini sebagai kebijakan pendidikan "Merdeka Belajar". 

"Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional ( UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi," ujar Nadiem di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019). 

"Empat program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arah pembelajaran ke depan yang fokus pada arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," tutur Nadiem.

Pendiri Go-Jek ini lantas menjelaskan rincian empat program yang ditetapkannya. Pertama, arah kebijakan baru penyelenggaraan USBN, pada tahun 2020 akan dilakukan dengan ujian yang diselenggarakan hanya oleh sekolah. 

Ujian tersebut dilakukan untuk menilai kompetensi siswa yang dapat dilakukan dalam bentuk tes tertulis atau bentuk penilaian lainnya yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan, baik itu tugas kelompok, karya tulis, maupun sebagainya.

Benarkah ujian nasional selama ini adalah beban tekanan mental bagi siswa?

Lalu, apakah penghapusan ujian nasional menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter yang diumumkan Mendikbud Nadiem Makarim adalah pilihan terbaik meningkatkan kualitas hasil pendidikan saat ini?

Kita bahas bersama Pengamat Pendidikan Budi Trikorayanto di studio menara kompas saat ini.

#UNDihapus #UjianNasionalDihapus #2021UNHilang

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Aksi Massa Tuntut Erick Thohir Mundur

Kamis, 24 September 2020 | 03:57 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:49
KEMENLU TIONGKOK: KERJA PAKSA ADALAH KEBOHONGAN YANG DIBUAT-BUAT OLEH ORGANISASI DAN INDIVIDU BARAT   KEMENLU TIONGKOK: URUSAN XINJIANG MURNI URUSAN DALAM NEGERI, AMERIKA SERIKAT TAK BERHAK IKUT CAMPUR   KEMENLU TIONGKOK SAMPAIKAN KEMARAHAN ATAS TINDAKAN AMERIKA SERIKAT YANG MELARANG IMPOR DARI XINJIANG   MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   PEMKOT JAKARTA PUSAT SEBUT ADA 34 TEMPAT PENAMPUNGAN YANG DISIAPKAN ANTISIPASI BANJIR   PEMKOT JAKPUS TAMBAHKAN DUA KALI LIPAT TEMPAT PENAMPUNGAN PENGUNGSI BANJIR SAAT PANDEMI COVID-19   WAKIL KETUA KOMISI II DPR SAAN MUSTOPA MINTA PASLON YANG MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN DIDISKUALIFIKASI   ALOKASIKAN ANGGARAN TINGGI UNTUK REHABILITASI HUTAN & LAHAN SERTA KONSERVASI, MENTERI LHK: JANTUNGNYA SDA DI SITU   KEMENTERIAN LHK ALOKASIKAN ANGGARAN TERTINGGI UNTUK REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN SERTA KONSERVASI PADA 2021   KEJAGUNG PERIKSA DUA PEJABAT DIRJEN IMIGRASI KEMENKUMHAM SEBAGAI SAKSI UNTUK TERSANGKA DJOKO TJANDRA   JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN   JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   POLDA METRO JAYA UNGKAP PRAKTIK ABORSI ILEGAL DI JALAN PERCETAKAN NEGARA III, JAKARTA PUSAT DILAKUKAN DOKTER PALSU   MENDIKBUD TEGASKAN PENGHAPUSAN PELAJARAN SEJARAH ADALAH PENYEBARAN BERITA YANG TIDAK BENAR