Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi Sudah Kantongi Nama-nama Dewan Pengawas KPK, Siapa Saja?

Selasa, 10 Desember 2019 | 18:00 WIB

Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan duduk di struktur Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi. Dewan Pengawas KPK yang terdiri dari lima orang merupakan struktur baru di KPK. Keberadaan dewan pengawas diatur dalam Undang-Undang KPK hasil revisi, yakni Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019. Ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi. Namun, sesuai dengan undang-undang, untuk pembentukan dewan pengawas yang pertama kali ini, dipilih langsung oleh presiden.


Kendati demikian, Jokowi belum mau menyebutkan siapa saja sosok yang ia pilih menjadi anggota dewan pengawas komisi antirasuah itu. Meski tak dipilih lewat panitia seleksi, Jokowi sebelumnya memastikan bahwa Dewan Pengawas KPK akan diisi oleh orang-orang yang berintegritas..

Pelantikan dewan pengawas akan berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023 yang sudah terpilih, yakni pada 21 Desember mendatang. Dewan pengawas bertugas, antara lain untuk mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberi izin penyadapan dan penyitaan, serta menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan KPK.
 

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:25
JUBIR SATGAS COVID-19 JAMBI SEBUT TEMPAT ISOLASI PASIEN TANPA GEJALA PENUH    TAK ADA PENAMBAHAN TPS, KPU TANGSEL GILIR JADWAL KEDATANGAN PEMILIH UNTUK HINDARI KERUMUNAN    KPU TANGERANG SELATAN TAK BERENCANA TAMBAH JUMLAH TPS PADA PILKADA 2020    MENKO PMK SEBUT SAAT INI PEMERINTAH MULAI UBAH STRATEGI PEMBANGUNAN KESEHATAN   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA SUSUN PROTOKOL KHUSUS CEGAH MUNCULNYA KLASTER KELUARGA   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA MINTA ORANGTUA SELALU BERSIHKAN DIRI SAAT TIBA DI RUMAH   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020   DINAS PERTANIAN GARUT, JABAR, DORONG PENGEMBANGAN PRODUKSI KOPI WINE   KETUA SATGAS COVID-19: ORANG TERDEKAT BERPOTENSI MENJADI PENULAR COVID-19   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE TIGA PASLON SECARA DARING   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   BARESKRIM POLRI MUSNAHKAN 10 HEKTAR LADANG GANJA DI SEULIMEUM, ACEH BESAR