Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Sudah Kantongi Nama-nama Dewan Pengawas KPK, Siapa Saja?

Kompas.tv - 10 Desember 2019, 18:00 WIB
Penulis : Abdur Rahim

Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama-nama yang akan duduk di struktur Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi. Dewan Pengawas KPK yang terdiri dari lima orang merupakan struktur baru di KPK. Keberadaan dewan pengawas diatur dalam Undang-Undang KPK hasil revisi, yakni Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019. Ketua dan anggota dewan pengawas dipilih oleh Presiden melalui panitia seleksi. Namun, sesuai dengan undang-undang, untuk pembentukan dewan pengawas yang pertama kali ini, dipilih langsung oleh presiden.


Kendati demikian, Jokowi belum mau menyebutkan siapa saja sosok yang ia pilih menjadi anggota dewan pengawas komisi antirasuah itu. Meski tak dipilih lewat panitia seleksi, Jokowi sebelumnya memastikan bahwa Dewan Pengawas KPK akan diisi oleh orang-orang yang berintegritas..

Pelantikan dewan pengawas akan berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK periode 2019-2023 yang sudah terpilih, yakni pada 21 Desember mendatang. Dewan pengawas bertugas, antara lain untuk mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberi izin penyadapan dan penyitaan, serta menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan KPK.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x