Kompas TV nasional berita kompas tv

Ikut Arisan Sosialita Manja, Jadi Korban Penipuan Hingga Miliaran Rupiah

Kompas.tv - 10 Desember 2019, 15:52 WIB
Penulis : Christandi Super

Ikut arisan online, puluhan orang di Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi korban penipuan hingga miliaran rupiah. Untuk ikut arisan yang dikenal sebagai arisan Sosialita Manja ini, ada korban yang meminjam uang ke kerabat, bahkan ada yang menggunakan biaya pernikahan.

Arisan Sosialita Manja di Makassar ini adalah arisan yang berjalan secara online via media sosial Facebook dan grup percakapan WhatsApp. Tergiur dengan iming-iming bunga yang besar, Vincent, salah seorang korban, menginvestasikan biaya pernikahannya yang sebesar Rp 200 juta. Baru 2 minggu bergabung, Vincent mendapat kabar bahwa kedua pengelola arisan Sosialita Manja ini menjadi tersangka penipuan. Vincent mengurut dada. Ia harus memutar otak mencari cara lain agar pernikahannya pada 19 Desember ini bisa tetap terlaksana.

Bersama Vincent, ada puluhan korban lain yang tertipu arisan Sosialita Manja. Informasi tentang arisan ini tersebar dari mulut ke mulut. Iming-iming bunga yang besar menjadi pemikat. Arisan online Sosialita Manja ini telah beroperasi sejak 2017. Diperkirakan, korban yang tergabung dalam grup percakapan WhatsApp Sosialita Manja mencapai 152 orang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x