HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Balita Meninggal Usai Dititipkan di PAUD, Ini Kata KPAI

Senin, 9 Desember 2019 | 15:29 WIB
Petugas polisi di TPA dan PAUD di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tempat almarhum balita Yusuf dititipkan orang tuanya, Senin (9/12/2019).

 

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Mayat balita tanpa kepala ditemukan di parit Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (8/12/2019). Balita bernama Muhammad Yusuf Gazali, 4 tahun, itu dilaporkan hilang sejak dua pekan lalu saat dititipkan ke tempat penitipan anak (TPA) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyesalkan fenomena tersebut.

“KPAI menyesalkan adanya kejadian anak hilang di TPA,” kata Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati kepada Kompas TV, Senin (9/12/2019).

Menurut Rita, KPAI menyadari bahwa kebutuhan TPA atau Taman Anak Sejahtera (TAS) yang lebih dikenal dengan istilah day care terus meningkat.

“Hal ini seiring dengan terjadinya perubahan sosial, meningkatnya pendidikan perempuan, partisipasi perempuan dalam dunia kerja sehingga mengubah pola pengasuhan anak yang terkadang ke keluarga besar,” tutur Rita.

Tapi tidak sedikit yang lebih memilih ke TPA atau day care. Rita melanjutkan, banyak orang berpikiran, dengan menempatkan anaknya di lembaga pengasuhan akan lebih pasti lantaran bentuknya yang lembaga formal ketimbang dititipkan ke perorangan seperti asisten rumah tangga (ART). Apalagi saat ini sulit mencari ART yang dapat dipercaya.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Inspirasi Musik

The Brandals - Retorika

Minggu, 19 Januari 2020 | 16:27 WIB
Inspirasi Musik

The Brandals - Obsesi Mesin Kota

Minggu, 19 Januari 2020 | 16:24 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:14
GANDA PUTRA MARCUS FERNALDI GIDEON/KEVIN SANJAYA SUKAMULJO JADI JUARA INDONESIA MASTERS 2020   BPPT: MODIFIKASI CUACA BERHASIL KURANGI HUJAN JABODETABEK HINGGA 44 PERSEN   KEMENHUB MELARANG TRUK DENGAN MUATAN DAN DIMENSI BERLEBIH MENYEBERANG DARI MERAK KE BAKAUHENI   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT 840.000 HEKTAR LAHAN EFEKTIF BELUM TERMANFAATKAN UNTUK RUMPUT LAUT   PT JASA MARGA: TOL JAKARTA-CIKAMPEK SELATAN BISA DIGUNAKAN UNTUK MUDIK LEBARAN 2020   KEMKOMINFO BERI BANTUAN 138 PERANGKAT JARINGAN INTERNET NUSANTARA KEPADA MASYARAKAT JAYAPURA, PAPUA   PEMPROV KEPULAUAN RIAU OPTIMISTIS KUNJUNGAN WISATAWAN PADA 2020 MENCAPAI 3 JUTA ORANG   TIONGKOK DAN MYANMAR SEPAKAT TANDA TANGANI KERJA SAMA PROYEK MEGA-INFRASTRUKTUR SEBESAR 3,6 MILIAR DOLLAR AS   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: PENCAIRAN TAHAP AWAL SEBESAR RP 2 TRILIUN AKAN DILAKUKAN MULAI AWAL MARET 2020   STAF KHUSUS MENTERI BUMN: DANA RP 5 TRILIUN BERASAL DARI “HOLDING” ASURANSI BUMN RP 2 TRILIUN DAN INVESTOR RP 3 TRILIUN   KEMENTERIAN BUMN SIAPKAN SUNTIKAN DANA RP 5 TRILIUN UNTUK GANTI UANG NASABAH ASURANSI JIWASRAYA   LPSK SIAP BERIKAN PERLINDUNGAN BAGI SAKSI DALAM KASUS DUGAAN SUAP WAHYU SETIAWAN   ANGGOTA KOMISI VI DPR FRAKSI PDI-P DEDDY SITORUS NILAI TAK ADA URGENSI PEMBENTUKAN PANITIA KHUSUS UNTUK JIWASRAYA   KECELAKAAN BUS DI SUBANG, PEMKOT DEPOK SANTUNI RP 10 JUTA UNTUK KORBAN MENINGGAL & BIAYA PENGOBATAN BAGI KORBAN LUKA