Kompas TV nasional berita kompas tv

Waspada Celebrity Worship Syndrome! 5 Ancaman Gangguan Psikologis Pada Fans Berat

Kompas.tv - 8 Desember 2019, 11:06 WIB

Peristiwa bunuh diri penyanyi Korea Selatan penyanyi Choi Jin-Ri atau Sulli dan disusul kabar bunuh diri Goo Hara pada 24 November lalu. Sontak menggegerkan jagat hiburan dan penggemar K-POP. Beragam alasan mereka untuk mengahiri hidup dengan cara yang memprihatinkan. Namun salah satunya adalah depresi. Psikolog bahkan menyebutnya silent killer.

Kabar bunuh diri idola tentu memengaruhi kondisi fans mereka. Padahal tanpa adanya kabar duka fans berat mereka sudah terindikasi adanya gangguan psikologis. Dari sejumlah masalah psikologis yang diderita fans ada 5 masalah yang banyak diderita yakni.

Celebrity Worship Syndrome dimana suatu kondisi individu terobsesi dan tertarik pada kehidupan pribadi sang idola pada kondisi tertentu mereka akan marah saat idolanya dihina atau dicela. Pembelian kompulsif. Fans tak akan sayang menggelontorkan uang mereka dalam jumlah besar untuk menyaksikan konser membeli barang dalam jumlah banyak dan terus menerus. Delusi erotomania, keyakinan yang menganggap idola menyukai dirinya. Yang agak mirip ada halusinasi berlebihan yang lebih mengarah pada pancaindera. Fans merasa mampu melihat dan megang idolanya. Dan copycat yang mengadopsi meniru atau mengikuti hal yang sama seperti idolanya.

Pada kondisi psikis tertentu fans yang telah meng-copy idolanya juga terpengaruh dengan tindakan berbahaya yang dilakukan idolanya termasuk bunuh diri hingga menimbulkan werther effect atau copycat suicide.

Hal ini pernah terjadi di Indonesia pada tahun 2017. Dua fans SHINee melakukan percobaan bunuh diri setelah kabar kepergian salah satu personil SHINee Jonghyun. Keduanya selamat setelah melewati masa kritis. Meski demikian copycat suicide di Indonesia sangat kecil terjadi karena pengaruh budaya norma dan kebiasaan di Korea dan Indonesia.

Begitu besarnya dampak depresi berkepanjangan yang terjadi pada selebriti bahkan mampu memengaruhi fans. Hal ini menyadarkan orang-orang terdekat atau orang tua perlu mendampingi anak agar idola hanya akan dijadikan panutan untuk meningkatkan sisi positif dan meningkatkan kualitas hidup.

#CelebrityWorshipSyndrome #FansBerat #GangguanPsikologis



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x