Kompas TV nasional sapa indonesia

Alih Fungsi Lahan Bandung Utara Undang Bencana, Ridwan Kamil Segera Moratorium Izin

Kompas.tv - 6 Desember 2019, 13:40 WIB

Kawasan Bandung Utara kian memprihatinkan. Ini akibat peralihan fungsi lahan resapan air dari hutan lindung menjadi lahan pertanian dan perumahan. Kondisi ini membuat Walhi Jabar mendesak pemerintah provinsi untuk menghentikan sementara perizinan pembangunan.

Sebelumnya Pemprov Jawa Barat mengimbau pemerintah tingkat II tak mudah memberi izin pembangunan berskala besar. Padahal Pemerintah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat menyebut rekomendasi juga terkucur dari pemprov.

Imbauan ini seharusnya diindahkan. Namun juga tak sekadar imbauan. Harus ada langkah konkret dari pemerintah kabupaten provinsi serta pusat. Agar imbas dari lahan kritis tak mengundang banjir serta longsor yang mengancam hingga ke kota bandung.

Kawasan Bandung Utara atau KBU telah beralih fungsi dari lahan resapan air menjadi perumahan dan lahan pertanian. Bagaimana sebenarnya perizinan di kawasan lindung ini? Dan apa langkah yang akan diambil oleh pemerintah provinsi demi mengatasi lahan kritis warga bertambah lebar? Kami akan membahasnya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung dari Bandung, Jawa Barat.

#KawasanBandungUtara #AlihFungsiLahan #RidwanKamil 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.