Kompas TV video cerita indonesia

Omzet Puluhan Juta Rupiah, Dari Budidaya Ikan Koi

Kompas.tv - 6 Desember 2019, 10:12 WIB
Penulis : Yuilyana

 

Blitar tidak hanya terkenal sejarahnya saja, tetapi juga sebagai penghasil ikan koi. Seperti di Desa Kemloko kabupaten Blitar ini, hampir seluruh warganya membudidayakan ikan khas Jepang tersebut. Sejak puluhan tahun lalu, warga desa tersebut menjadikan budidaya ikan koi sebagai usaha sampingan. Tapi kini tidak hanya sebatas sampingan, namun masyarakat setempat sudah menjadikan budidaya koi sebagai mata pencaharian utama.

Selain pemeliharaannya yang relatif mudah, harga jual yang tinggi menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat untuk membudidayakan ikan hias koi. Rata-rata warga desa Kemloko memiliki 3 kolam ikan Koi, dengan kapasitas 300 ekor. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 15 juta, tergantung ukuran dan warna.

Selain dijual ke pasar dalam negeri, ikan hias tersebut juga sudah terjual hingga ke Malaysia dan Hongkong. Bahkan dalam sekali panen rata-rata para peternak ikan koi tersebut, mampu memperoleh keuntungan hingga Rp 20 juta. Kini, budidaya ikan hias tersebut bukan hanya menjadi hobi, tetapi mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.



 



TAG : KOIBLITAR

Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x