HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kisah Guru Tanpa Kaki, Mengajar Siswa Berkebutuhan Khusus

Kamis, 5 Desember 2019 | 17:53 WIB

Tidak mudah menjadi seorang guru di Sekolah Luar Biasa. Butuh ketekunan yang lebih untuk mengajarkan para siswa menjadi orang yang mandiri.

Muhammad Hikmat, guru di sekolah luar biasa negeri di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menjadikan dirinya bukti nyata seorang difabel yang mandiri. Dengan sepeda motor yang dimodifikasi, hHikmat tiba di sekolah. Untuk memudahkannya bergerak ke sana ke mari ketika mengajar, Hikmat menggunakan papan luncur atau skateboard. Kedua tangan menjadi pendorong agar roda papan luncur menggelinding.

Sehari-hari, Hikmat mengajar anak-anak dengan tunagrahita. Ia menyelesaikan pendidikan luar biasanya di Universitas Islam Nusantara Bandung pada 2017. Hikmat memiliki segudang ketelatenan untuk mengajar murid-muridnya. Ia selalu menorehkan senyum agar anak didiknya yang berkebutuhan khusus memberi perhatian.

Kehangatan yang dibawa hHikmat ketika berada di antara para siswa membuatnya menjadi guru favorit. Para orangtua juga menyambut baik metode belajarnya.

#GuruDifabel #Disabilitas #SekolahLuarBiasa

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:55
PEMERINTAH TIONGKOK AKAN MENGUJI VAKSIN VIRUS KORONA KE HEWAN PADA AKHIR MEI 2020   ANGKA KEMATIAN AKIBAT KORONA DI ITALIA MENCAPAI 12.428 JIWA, TERTINGGI DI DUNIA   KOMITE OLIMPIADE TIONGKOK (COC) DUKUNG KEPUTUSAN PENUNDAAN OLIMPIADE TOKYO 2020 AKIBAT KORONA   NASIB F1 GP INGGRIS 2020 DI TENGAH PANDEMI KORONA AKAN DITENTUKAN PADA AKHIR APRIL 2020   PEMKAB PESISIR SELATAN, SUMBAR, BEBASKAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, RUMAH MAKAN, DAN KAFE SELAMA 3 BULAN KARENA KORONA   MATAHARI DEPARTMENT STORE TUTUP SEMENTARA SEMUA GERAINYA HINGGA 13 APRIL 2020 AKIBAT ADANYA VIRUS KORONA   SATU KARYAWANNYA POSITIF TERJANGKIT KORONA, UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA TUTUP LAYANAN SEPEKAN   POLRESTABES MAKASSAR USUT PROVOKATOR PENOLAKAN PEMAKAMAN JENAZAH ANGGOTA DPRD SULAWESI SELATAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA MASYARAKAT TIDAK MENOLAK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA   PEMPROV DIY TENGAH MENGGODOK BENTUK PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DI TENGAH PANDEMI KORONA   PEMKOT YOGYAKARTA GANDENG PENGEMUDI OJEK "ONLINE" SALURKAN KEBUTUHAN POKOK WARGA SELAMA MASA DARURAT KORONA   PEMKOT BEKASI PERPANJANG MASA PENGHENTIAN SEMENTARA KEGIATAN PERKANTORAN HINGGA 14 APRIL 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT RS DARURAT KORONA DI PULAU GALANG, BATAM, AKAN DIJADIKAN PUSAT RISET PENYAKIT MENULAR   KOMISI XI DPR SEGERA BAHAS PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN UNTUK PENANGANAN KORONA