HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Belajar Membacakan Cerita Dongeng dari Para Pendongeng Hebat

Kamis, 5 Desember 2019 | 12:02 WIB

Membaca dan mendengarkan cerita dongeng jadi kesukaan tersendiri bagi setiap orang, apalagi anak-anak. Biasanya sebelum tidur jadi waktu yang pas untuk anak-anak mendengarkan dongeng dari orangtuanya. Selain itu, dongeng pun sekarang populer dibacakan oleh para pendongeng profesional. Ya, pendongeng pun bisa menjadi sebuah profesi, lho. Lewat artikel yang disarikan dari Bobo ini, yuk ikuti tips jadi pendongeng dari para pendongeng yang hebat dan berpengalaman berikut ini. 

1. Tentukan Cerita

Hal pertama yang harus kita siapkan untuk mendongeng adalah ceritanya. Kita harus menentukan cerita apa yang ingin disampaikan.

2. Pilih Cerita yang Disukai

Saat menentukan cerita, kita juga harus pastikan kalau kita sudah benar-benar paham tentang cerita itu. Kakak-kakak pendongeng juga mengatakan kalau kita harus menyukai cerita yang akan kita sampaikan, love your story.

3. Jangan Lupa Ekspresi Wajah

Nah, bagian ini juga tidak kalah penting saat mendongeng, yaitu ekspresi wajah dan gestur tubuh. Kita harus bisa memainkan ekspresi wajah. Kalau ekspresi kita datar, ceritanya pun akan membosankan.

4. Banyak Membaca Buku

Hal yang juga penting untuk mendongeng adalah banyak membaca, mendengarkan, dan menonton pertunjukan dongeng.

Ternyata mendengarkan dongeng atau menjadi pendongeng banyak manfaatnya buat kita, lo. Berikut nih, manfaatnya :

1. Pengetahuan Kita jadi Berkembang

Dongeng dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Lewat kisah-kisah dongeng yang didengar atau kita bacakan, bikin pengetahuan kita jadi makin luas. Kita jadi dapat banyak informasi. Sebagai pendengar atau pendongeng kita bisa belajar memahami isi sebuahcerita dan menarik pesan-pesan dari dongeng tersebut. Melalui dongeng, kita bisa menjadi lebih kritis dan ingin tahu lebih banyak lagi. Kita juga belajar untuk memilih tidakan baik atau salah.

2. Perkembangan Sosial dan Emosional

Untuk menjadi pendongeng kita harus belajar berani tampil dihadapan banyak orang. Sedangkan sebagai pendengar, kita juga bisa terispirasi dari tokoh-tokoh hebat dalam dongeng itu. Tidak hanya itu, mendengarkan dongeng juga mengajak kita untuk masuk ke dalam cerita dan juga turut merasakan emosi si tokoh. Selain itu, melalui dongeng kita juga bisa belajar mengenal berbagai nilai kebaikan dan sopan santun yang berlaku di masyarakat.

3. Mempererat Ikatan Anak dan Orang Tua

Siapa yang sering dibacakan dongeng sebelum pergi tidur? Nah, ternyata hal ini bagus untuk membangun hubungan kita dengan orangtua atau dengan adik, lo. Pernahkah kamu mendongengkan cerita untuk adik? Saat membacakan dongeng, kita akan semakin dekat dengan keluarga kita. Tidak hanya dengan orang tua, dongeng juga bisa mendekatkan kita dengan guru atau bahkan teman-temanmu.

4. Mengembangkan Imajinasi

Saat akan mendongeng, para pendongeng juga harus berimajinasi agar dongengnya semakin hidup. Begitu pun dengan yang mendengarkan, biasanya akan terbawa dalam imajinasi dari dongeng yang disampaikan.

5. Meningkatkan Keterampilan Bahasa

Mendengarkan dongeng ternyata bisa meningkatkan kemampuan literasi kita. Kita akan mengenal banyak kosakata dan lebih bisa memahami bacaan dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk para pendongeng, biasanya mereka akan mencari kosakata atau kalimat yang mudah untuk dipahami.

6. Membangkitkan Minat Membaca

Dengan mendengarkan dongeng, biasanya kita akan tertarik dan penasaran dengan hal-hal baru yang bisa ditemukan dalam buku bacaan lain. Begitu juga jika jadi pendongeng, kita harus rajin membaca agar dapat bahan untuk bercerita. Tanpa banyak membaca, kita akan kesulitan untuk menceritakan sesuatu hal. Kak Lucia Triundari, Pemimpin Redaksi Majalah Bobo juga membenarkan hal ini. "Mendengarkan dongeng atau jadi pendongeng, sama-sama bisa bikin kita cerdas" ujar Kak Luci. Ya, mendengarkan dongeng dan jadi pendongeng memang sama-sama bikin imajinasi kita berkembang,kritis, tahu banyak hal, dan berani tampil ..wow!

Nah, teman-teman pilih yang mana nih? Menjadi pendongeng atau mendengarkan dongeng?

#DongengAnak #CaraMendongeng #TipsMendongeng

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
18:24
BNNP DKI JAKARTA GAGALKAN PENYELUNDUPAN 1 KILOGRAM SABU DAN AMANKAN 4 TERSANGKA   MENTERI LUAR NEGERI RETNO MARSUDI: BELUM ADA WNI TERJANGKIT VIRUS KORONA   CEGAH VIRUS KORONA, ANGKASA PURA II PERKETAT PENGAWASAN DI BANDARA   POLISI KOORDINASI DENGAN KEDUTAAN BESAR AS USUT KASUS PENYELUNDUPAN BROWNIES GANJA   TUNJUK YENNY WAHID SEBAGAI KOMISARIS GARUDA INDONESIA, MENTERI BUMN PASTIKAN TAK ADA INDIKASI BAGI-BAGI JABATAN   TETAPKAN 5 HAKIM AGUNG, KOMISI III DPR PASTIKAN TIDAK ADA NAMA TITIPAN   PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS, 2 TERSANGKA KASUS PENDIRIAN KERATON AGUNG SEJAGAT DINYATAKAN TIDAK MEMILIKI GANGGUAN JIWA   PRESIDEN JOKOWI MINTA MENHAN PRABOWO SUBIANTO BUAT RENCANA STRATEGIS UNTUK TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PRAJURIT TNI   PRESIDEN JOKO WIDODO MINTA TNI BERANI KEMBANGKAN DRONE BERSENJATA   PRESIDEN JOKO WIDODO: TRANSPORTASI IBU KOTA BARU SERBA ELEKTRIK DAN OTOMATIS   KEMENKEU: ALOKASI PEMBIAYAAN PROYEK LEWAT SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA CAPAI RP 27,35 TRILIUN PADA 2020   PERUSAHAAN GAS NEGARA OPTIMISTIS BANGUN JARINGAN GAS 700.000 SAMBUNGAN RUMAH PADA TAHUN INI   KOMISI III DPR AKAN PANGGIL MENKUMHAM YASONNA LAOLY DALAM RAKER BERSAMA BAHAS SOAL HARUN MASIKU   PEMECATAN HELMY YAHYA DARI DIRUT TVRI, ANGGOTA KOMISI I DPR MUHAMMAD FARHAN: HARUS AUDIT INVESTIGASI