Kompas TV olahraga kompas sport

Final Bulu Tangkis SEA Games 2019, Indonesia Sempat 1-1 Melawan Malaysia

Kompas.tv - 4 Desember 2019, 14:17 WIB
final-bulu-tangkis-sea-games-2019-indonesia-sempat-1-1-melawan-malaysia
Penulis : Deni Muliya

Pasangan ganda putra, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto harus menelan kekalahan dalam final bulu tangkis beregu putra pada SEA Games 2019 yang digelar di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Rabu (4/12/2019). Pada partai kedua babak final itu Fajar dan Rian tersingkir oleh pasangan asal Malaysia, Aarron Chia dan Soh Whooi Yik.

Sebagaimana dilansir bolasport.com, Fajar dan Rian gagal menambah keunggulan Indonesia atas Malaysia. Kekalahan Fajar dan Rian membuat kedudukan menjadi seimbang 1-1 bagi tim bulu tangkis putra Indonesia dan Malaysia.

Pertandingan mereka berjalan seimbang pada gim pertama. Duet Fajar-Rian saling kejar-kejaran pada servis pembuka dengan pasangan Chia dan Soh. Secara berulang-berulang skor tercipta sama kuatnya.

Semula, Fajar dan Rian memperoleh momentum memimpin ketika tiga smes beruntun yang mereka lancarkan mematikan Soh dan membuat mereka unggul 6-5. Namun, justru pasangan Negeri Jiran yang dapat memaksimalkan kesempatan untuk menang setelah berbalik unggul di kedudukan 6-8. Fajar-Rian kesulitan mencuri banyak poin dari Chia-Soh. Duel masih berjalan seimbang walaupun akhirnya pasangan Malaysia terus unggul.

Gim pertama pun dimenangkan pasangan Chia dan Soh. Fajar dan Rian kesulitan untuk bangkit pada gim kedua karena Chia dan Soh unggul dalam permainan di depan net.  Dengan mudah, mereka dapat membobol pertahanan pasangan Indonesia. Margin skor besar tercipta pada gim kedua. Tujuh poin beruntun membuat Chia-Soh unggul jauh 2-10, sebelum mengakhiri interval pertama dengan skor 3-11. Fajar dan Rian hanya dapat memperkecil gap menjadi enam angka saja hingga kedudukan 13-19. Pada akhirnya, pertandingan dimenangkan pasangan Chia dan Soh dengan skor 17-21, 13-21. 

Namun demikian, turun pada partai keempat, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso berhasil menjadi penentu Indonesia untuk mengamankan emas. Mereka berjumpa dengan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, Wahyu/Ade mengakhiri laga melalui kemenangan dua gim langsung dengan skor 21-16, 21-19. Mereka menghentikan perlawanan tim Malaysia dengan skor total 3-1. 

Indonesia berhasil menambah medali emas melalui cabang olahraga bulu tangkis kategori beregu putra. Tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil mempertahankan tradisi emas setelah mengalahkan Malaysia pada babak final SEA Games 2019 itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.