HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / klik360 / cerita indonesia

Keseruan Adu Cepat Kerbau di Arena Berlumpur

Selasa, 3 Desember 2019 | 17:28 WIB

Puluhan kerbau bersiap di Subak Tegalwani Pangkung Jajung Cibunguran, Desa Kalikah, Kabupaten Jembrana, Bali. Lampit atau alat bajak sawah tradisional Bali terpasang di punggungnya. Kerbau-kerbau bersiap bukan untuk membajak sawah, melainkan mengikuti lomba balap kerbau atau oleh warga disebut makepung lampit.

Balap dilakukan di arena sawah berlumpur sepanjang kurang lebih 150 meter. Sama seperti balap mobil dan sepeda motor, balap kerbau ini juga punya kelas yang ditentukan oleh ukuran kerbau. Namun, yang menjadi pemenang di makepung lampit bukan hanya kerbau yang paling cepat tiba di garis finis. Pemenangnya adalah kerbau yang bisa berlari cepat dan lurus tanpa mengambil haluan peserta lain.

Namun mengendalikan kerbau di arena berlumpur ternyata bukan perkara mudah. Kubangan lumpur membuat kerbau-kerbau kepayahan untuk berlalu cepat. Ada hadiah yang total nilainya mencapai Rp25 juta. Hiburan rakyat sekaligus ajang pelastarian budaya makepung lampit pun begitu menarik minat warga.

Pemerintah Kabupaten Jembrana berencana untuk mengembangkan tradisi makepung lampit. Arena pemanen dan bantuan pendanaan akan dikucurkan agar tradisi ini juga menjadi destinasi wisata. Makepung lampit merupakan tradisi nenek moyang warga Jembrana yang menandai awal masa tanam padi. Setiap joki menunggangi dua ekor kerbau yang sudah dihiasi dan siap menjadi yang pertama sampai di garis finis.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
01:40
ISRAEL AKAN MENGGELAR KEMBALI PEMILU PADA 2 MARET 2020 SETELAH PEMERINTAHAN YANG BARU GAGAL TERBENTUK   BPBD SULTENG: 57 RUMAH DI DESA BOLAPAPU,KECAMATAN KULAWI, KABUPATEN SIGI, RUSAK TERJANG BANJIR BANDANG   PEMKOT SURABAYA AKAN MEMBANGUN KOMPLEKS SEKOLAH DI KAWASAN EKS LOKALISASI DOLLY PADA 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN (KKP) TANGANI LIMBAH SAMPAH 12 TON DI LABUAN BAJO, NTT   RESMI BEROPERASI, TARIF TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIBERLAKUKAN TAHUN DEPAN   KEMENTERIAN PUPR PERBAIKI TANGGUL JEBOL DI MUARA BARU, JAKARTA   BI MEMPREDIKSI KEBUTUHAN UANG MASYARAKAT SUMATERA UTARA JELANG NATAL RP 3,17 TRILIUN   JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PT KAI DAOP VIII SURABAYA PETAKAN TITIK RAWAN BANJIR HINGGA POTENSI TANAH LONGSOR   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 10.000 PERSONEL UNTUK AMANKAN PERAYAAN NATAL DAN TAHUN BARU DI JAKARTA   OPERASI LILIN AKAN BERLANGSUNG PADA 23 DESEMBER 2019 HINGGA 1 JANUARI 2020   POLRI TERJUNKAN 100.000 PERSONEL DALAM OPERASI LILIN 2019   SIANG INI, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN MELANTIK ANGGOTA DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN (WANTIMPRES) DI ISTANA NEGARA   PARTAI DEMOKRAT MINTA PILEG DAN PILPRES TIDAK DILANGSUNGKAN SECARA SERENTAK SEPERTI PEMILU 2019   PARTAI NASDEM TEGASKAN TIDAK AKAN CALONKAN MANTAN NARAPIDANA KORUPSI DI PILKADA