Kompas TV nasional sapa indonesia

2 Hal Penting dari Reuni 212

Kompas.tv - 2 Desember 2019, 13:21 WIB
Penulis : Christandi Super | Editor :

Seperti apa sebenarnya Reuni 212 di tahun 2019 ini? Ada 2 hal yang dilihat Analis Politik UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto. Pertama adalah soal eksistensi: kekuatan komunitas keagamaan sekaligus kekuatan politik. Gun Gun mengatakan Reuni 212 tidak lepas dari momentum politik. Sehingga 212 menjadi sebuah ikon dari power relation atau relasi kuasa yang dilakukan oleh sekelompok orang yang kemudian menginisiasi 212 sebagai tekanan waktu itu. Hal ini akan terus terbaca dalam memori kolektif publik. Artinya, ini adalah eksistensi kekuatan politik yang coba ditunjukkan dalam berbagai momentum.

Yang kedua, menurut Gun Gun Heryanto, Reuni 212 ini punya dimensi psy war. Ada sekelompok orang yang mau didengar, dihargai, diapresiasi. Reuni 212 tidak hanya soal masa lalu, tapi juga masa sekarang dan masa mendatang. Jadi, dengan kata lain bisa dikatakan "kami ada, kami bergerak." 

Gun Gun pun memprediksi Reuni 212 akan terus berlanjut.     

=====


Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. 
Media sosial Kompas TV:
Facebook: https://www.facebook.com/KompasTV
Instagram: https://www.instagram.com/kompastv
Twitter: https://twitter.com/KompasTV
LINE: https://line.me/ti/p/%40KompasTV



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x