HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Reuni 212, Apa yang Dituju?

Senin, 2 Desember 2019 | 11:31 WIB

Reuni 212 digelar tepat pada 2 Desember 2019 ini. Reuni ini sudah berlangsung 4 tahun berturut-turut sejak 2016. Pada tahun ini, Reuni 212 diselenggarakan setelah kontestasi politik atau Pemilu usai digelar. Jadi, tampaknya tidak ada keterkaitan politik di acara ini. Lalu, ke mana perkembangannya dan apa yang ingin dikomunikasikan lewat Reuni 212 tahun ini?  

Analis Politik UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto, menyatakan kalau Reuni 212 memang jadi ajang murni untuk berkumpul, bersilaturahmi, prosesnya berjalan damai, dan ragam pernyataannya membangun, maka patut diapresiasi. Namun, kalau ragam pernyataannya destruktif maka perlu menjadi catatan.  

Gun Gun melanjutkan, lewat tagline Reuni 212 tahun ini, yaitu Munajat dan Maulid, tentu acara ini masih jadi penarik massa, khususnya umat Islam untuk menghadiri. Gun Gun menekankan arah Reuni 212 ini ke depannya adalah penguatan ideologi dan persatuan bangsa. Penguatan ideologi Pancasila, merawat kebhinekaan, dan tentunya persatuan. 

Menurut Gun Gun Heryanto, selama perjalanannya tertib, menghormati hukum, menghormati hak-hak orang lain, dan tidak ada pernyataan yang berisi ujaran kebencian atau hoaks, Reuni 212 ini sah dan negara harus melindunginya.

=====


Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. 
Media sosial Kompas TV:
Facebook: https://www.facebook.com/KompasTV
Instagram: https://www.instagram.com/kompastv
Twitter: https://twitter.com/KompasTV
LINE: https://line.me/ti/p/%40KompasTV

Editor : Christandi Super



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
08:14
STADION MANAHAN, SOLO, JATENG, JADI SATU DARI ENAM KANDIDAT LOKASI PERTANDINGAN PIALA DUNIA U-20   INDIA AKAN BANGUN STADION KRIKET TERBESAR KETIGA DI DUNIA DENGAN KAPASITAS 75.000 PENONTON DI PINGGIRAN KOTA JAIPUR   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 11.130.201 POSITIF, 6.002.500 SEMBUH, 526.156 MENINGGAL DUNIA   IRAK BERENCANA BARTER MINYAK DENGAN MAKANAN DARI LEBANON   MENKEU INGGRIS RISHI SUNAK MINTA WARGANYA UNTUK MAKAN DI LUAR RUMAH GUNA BANTU PULIHKAN EKONOMI NEGARA   KADIS KESEHATAN PROVINSI PAPUA SEBUT RATUSAN WARGA POSITIF COVID-19 DI KOTA JAYAPURA MENJALANI KARANTINA MANDIRI   POLISI PINDAHKAN TERSANGKA PEMBAKAR MOBIL MILIK SELEBRITAS VIA VALLEN KE MAPOLRESTA SIDOARJO UNTUK PENYELIDIKAN   POLRI SEBUT 12 ORANG DITETAPKAN TERSANGKA DALAM KASUS PEMBUNUHAN ANGGOTA BABINSA KODAM JAYA   POLRES MANDAILING NATAL TETAPKAN 3 TERSANGKA TERKAIT UNJUK RASA YANG MENGAKIBATKAN 6 PERSONEL POLRES TERLUKA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: PEMERINTAH PUNYA WAKTU SAMPAI 20 JULI UNTUK MERESPONS RUU HALUAN IDEOLOGI PANCASILA   SOAL RUU HALUAN IDEOLOGI PANCASILA, KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: SEKARANG BOLANYA ADA DI TANGAN PEMERINTAH   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 5,3 YANG MENGGUNCANG BLITAR, JAWA TIMUR, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI    PEMPROV PAPUA PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT PENANGANAN VIRUS KORONA HINGGA 31 JULI 2020   KBRI NEW DELHI FASILITASI PEMULANGAN 107 WNI YANG TERTAHAN "LOCKDOWN" DI INDIA