HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / sapa indonesia

Reuni 212, Apa yang Dituju?

Senin, 2 Desember 2019 | 11:31 WIB

Reuni 212 digelar tepat pada 2 Desember 2019 ini. Reuni ini sudah berlangsung 4 tahun berturut-turut sejak 2016. Pada tahun ini, Reuni 212 diselenggarakan setelah kontestasi politik atau Pemilu usai digelar. Jadi, tampaknya tidak ada keterkaitan politik di acara ini. Lalu, ke mana perkembangannya dan apa yang ingin dikomunikasikan lewat Reuni 212 tahun ini?  

Analis Politik UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto, menyatakan kalau Reuni 212 memang jadi ajang murni untuk berkumpul, bersilaturahmi, prosesnya berjalan damai, dan ragam pernyataannya membangun, maka patut diapresiasi. Namun, kalau ragam pernyataannya destruktif maka perlu menjadi catatan.  

Gun Gun melanjutkan, lewat tagline Reuni 212 tahun ini, yaitu Munajat dan Maulid, tentu acara ini masih jadi penarik massa, khususnya umat Islam untuk menghadiri. Gun Gun menekankan arah Reuni 212 ini ke depannya adalah penguatan ideologi dan persatuan bangsa. Penguatan ideologi Pancasila, merawat kebhinekaan, dan tentunya persatuan. 

Menurut Gun Gun Heryanto, selama perjalanannya tertib, menghormati hukum, menghormati hak-hak orang lain, dan tidak ada pernyataan yang berisi ujaran kebencian atau hoaks, Reuni 212 ini sah dan negara harus melindunginya.

=====


Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. 
Media sosial Kompas TV:
Facebook: https://www.facebook.com/KompasTV
Instagram: https://www.instagram.com/kompastv
Twitter: https://twitter.com/KompasTV
LINE: https://line.me/ti/p/%40KompasTV

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
01:42
ISRAEL AKAN MENGGELAR KEMBALI PEMILU PADA 2 MARET 2020 SETELAH PEMERINTAHAN YANG BARU GAGAL TERBENTUK   BPBD SULTENG: 57 RUMAH DI DESA BOLAPAPU,KECAMATAN KULAWI, KABUPATEN SIGI, RUSAK TERJANG BANJIR BANDANG   PEMKOT SURABAYA AKAN MEMBANGUN KOMPLEKS SEKOLAH DI KAWASAN EKS LOKALISASI DOLLY PADA 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN (KKP) TANGANI LIMBAH SAMPAH 12 TON DI LABUAN BAJO, NTT   RESMI BEROPERASI, TARIF TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIBERLAKUKAN TAHUN DEPAN   KEMENTERIAN PUPR PERBAIKI TANGGUL JEBOL DI MUARA BARU, JAKARTA   BI MEMPREDIKSI KEBUTUHAN UANG MASYARAKAT SUMATERA UTARA JELANG NATAL RP 3,17 TRILIUN   JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PT KAI DAOP VIII SURABAYA PETAKAN TITIK RAWAN BANJIR HINGGA POTENSI TANAH LONGSOR   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 10.000 PERSONEL UNTUK AMANKAN PERAYAAN NATAL DAN TAHUN BARU DI JAKARTA   OPERASI LILIN AKAN BERLANGSUNG PADA 23 DESEMBER 2019 HINGGA 1 JANUARI 2020   POLRI TERJUNKAN 100.000 PERSONEL DALAM OPERASI LILIN 2019   SIANG INI, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN MELANTIK ANGGOTA DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN (WANTIMPRES) DI ISTANA NEGARA   PARTAI DEMOKRAT MINTA PILEG DAN PILPRES TIDAK DILANGSUNGKAN SECARA SERENTAK SEPERTI PEMILU 2019   PARTAI NASDEM TEGASKAN TIDAK AKAN CALONKAN MANTAN NARAPIDANA KORUPSI DI PILKADA