Kompas TV nasional berita kompas tv

Banjir Solok, Korban Mulai Terserang ISPA

Sabtu, 30 November 2019 | 16:14 WIB

Bencana banjir dan longsor, yang terjadi sejak sepekan terakhir, membuat pemerintah kabupaten berencana memindahkan warga dari kawasan rawan bencana. Sementara, korban banjir bandang di kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, yang berada di pengungsian, mulai terserang penyakit.

Pemerintah kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menilai wilayah jorong sapan salak dan jorong manggih, sebagai kawasan rawan yang harus diwaspadai. Untuk itu, pemerintah tengah mencari lahan untuk memindahkan sekitar136 keluarga.

Banjir bandang, melanda kawasan ini, pada minggu malam lalu dan merusak 25 unit rumah warga di kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan.

Tak hanya itu, banjir juga mengakibatkan 4 jembatan putus, dan lebih dari seratus warga masih mengungsi. Salah satu yang menjadi lokasi pengungsian darurat, adalah gedung balai adat. hampir satu pekan warga bertahan.

Namun, tak hanya kebutuhan pokok yang mereka butuhkan. Trauma dan lingkungan yang tidak nyaman membuat kesehatan para pengungsi mulai menurun. Seperti yang dialami korban banjir bandang di kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Mereka mulai terserang penyakit seperti diare, mag akut, hingga infeksi saluran pernapasan.

 

Pasca-banjir bandang, petugas gabungan masih kesulitan, untuk menyalurkan bantuan bagi warga Jorong Manggih, Solok Selatan. petugas terus menuju daerah yang terisolasi, dengan melintasi longsoran dan menyusuri anak sungai, untuk mencapai lokasi, petugas harus melintasi 4 titik longsor, naik turun bukit, dan menyusuri anak sungai. Butuh waktu tiga jam, dari Jorong Sapan Salak, hingga tiba di Jorong Manggih.

Dari 23 keluarga yang masih bertahan, 30 jiwa di antaranya adalah anak anak, dan saat ini para pengungsi sangat membutuhkan bantuan makanan, selimut, perlengkapan bayi, obat obatan dan air bersih.

 

Penulis : Reny Mardika




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:56
POLRI IZINKAN LAGA UJI COBA TIMNAS INDONESIA U-22 DAN U-23 DIGELAR PEKAN INI   ISTANA BUCKINGHAM: PERAWATAN JANTUNG SUAMI DARI RATU ELIZABETH II, PANGERAN PHILIP, BERHASIL   PERDANA MENTERI TIONGKOK LI KEQIANG TARGETKAN PERTUMBUHAN EKONOMI PADA TAHUN 2021 AKAN LAMPAUI 6%   VAKSINASI COVID-19 BAGI ASN, TNI, POLRI, DAN TOKOH MASYARAKAT DI JAKARTA UTARA AKAN DIMULAI 8 MARET 2021   YOUTUBER, SELEBGRAM, DAN TIKTOKER BAKAL DIAWASI LEBIH KETAT OLEH KANTOR PAJAK PADA TAHUN INI   POLRI TAK KELUARKAN IZIN KONGRES LUAR BIASA (KLB) YANG MENGATASNAMAKAN PARTAI DEMOKRAT DI SIBOLANGIT, SUMUT   SEBANYAK 400 HUNIAN MASYARAKAT TERDAMPAK PEMBANGUNAN REL LAYANG SIMPANG PALANG JOGLO SOLO   PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN REL LAYANG SIMPANG PALANG JOGLO SOLO DIMULAI PADA JULI 2021   PEMERINTAH PERLUAS PENERAPAN PPKM MIKRO DI SUMATERA UTARA, KALIMANTAN TIMUR, DAN SULAWESI UTARA   PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO HINGGA 22 MARET 2021   MENTERI PPPA BINTANG PUSPAYOGA BERHARAP PEREMPUAN MUDA TAK TERJEBAK BUDAYA YANG MENGHALAU UNTUK BERKEMBANG   KEJAGUNG AJUKAN PEMBLOKIRAN ASET TANAH MILIK TERSANGKA KORUPSI PT ASABRI, BENNY TJOKROSAPUTRO, DI 3 KABUPATEN   DJOKO TJANDRA DITUNTUT 4 TAHUN PENJARA DALAM KASUS PENGHAPUSAN "RED NOTICE" DAN PENGURUSAN FATWA DI MA   ICW MENILAI TUNTUTAN JPU TERHADAP DJOKO TJANDRA BELUM MAKSIMAL