Kompas TV nasional sapa indonesia

Prestasi Multimedia Santri Ponpes Nurul Qadim

Kompas.tv - 30 November 2019, 15:08 WIB
Penulis : Reny Mardika

Pondok pesantren Nurul Qodim. Pesantren terkenal ini, berada di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Tepatnya di desa Kali Kajar Kulon, kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo. Berawal dari sebuah langgar atau mushala, sekitar tahun 1947, pesantren ini didirikan oleh seorang kiai, yang terkenal dengan panggilan Kiai Mino.

Pesantren Nurul Qodim, menitik beratkan pendidikan ilmu agama, baik pengenalan berbagai kitab, hingga memahami dan mengamalkan isi al qur'an, dalam setiap sendi kehidupan. Meski tumbuh dan berkembang di desa, pondok Pesantren Nurul Qodim menolak disebut gagap teknologi alias gaptek. Justru sebaliknya, para santri di pondok pesantren ini lebih fokus terhadap perkembangan teknologi.

Dunia yang berkaitan dengan jejaring sosial, mereka optimalkan sebagai media dakwah serta berekspresi dalam berkesenian. Maka tak heran, sebagian besar dari ribuan santri di sini, tidak asing dengan dunia visual, serta penyebaranya. Beberapa apresiasi penghargaan pernah mereka raih, dalam beberapa tahun terakhir. karya-karya yang di-unggah ke media sosial, mendapat respon positif. Dari berbagai solawatan yang dibawakan oleh grup banjari, hingga klip video yang dikemas apik, mengajak untuk kebaikan.

Atas prestasi pesantren nurul qodim inilah, sosro sahabat santri, tergerak mengenal lebih dekat para santri. Berbagai kesenian dipentaskan dalam acara yang digelar sosro.

Penampilan yang menjadi andalan, dari grup-grup banjari yang sudah melanglang buana, ke berbagai wilayah, bahkan ke beberapa negara tetangga. Selain itu, ada pula aksi santri lainnya. seperti pencak silat, membaca puisi, hingga stand up comedy. Bagi yang berprestasi, seperti biasa, bantuan dan beasiswa diberikan, juga penghargaan bagi para santri di pondok pesantren nurul qodim.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x