HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Prestasi Multimedia Santri Ponpes Nurul Qadim

Sabtu, 30 November 2019 | 15:08 WIB

Pondok pesantren Nurul Qodim. Pesantren terkenal ini, berada di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Tepatnya di desa Kali Kajar Kulon, kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo. Berawal dari sebuah langgar atau mushala, sekitar tahun 1947, pesantren ini didirikan oleh seorang kiai, yang terkenal dengan panggilan Kiai Mino.

Pesantren Nurul Qodim, menitik beratkan pendidikan ilmu agama, baik pengenalan berbagai kitab, hingga memahami dan mengamalkan isi al qur'an, dalam setiap sendi kehidupan. Meski tumbuh dan berkembang di desa, pondok Pesantren Nurul Qodim menolak disebut gagap teknologi alias gaptek. Justru sebaliknya, para santri di pondok pesantren ini lebih fokus terhadap perkembangan teknologi.

Dunia yang berkaitan dengan jejaring sosial, mereka optimalkan sebagai media dakwah serta berekspresi dalam berkesenian. Maka tak heran, sebagian besar dari ribuan santri di sini, tidak asing dengan dunia visual, serta penyebaranya. Beberapa apresiasi penghargaan pernah mereka raih, dalam beberapa tahun terakhir. karya-karya yang di-unggah ke media sosial, mendapat respon positif. Dari berbagai solawatan yang dibawakan oleh grup banjari, hingga klip video yang dikemas apik, mengajak untuk kebaikan.

Atas prestasi pesantren nurul qodim inilah, sosro sahabat santri, tergerak mengenal lebih dekat para santri. Berbagai kesenian dipentaskan dalam acara yang digelar sosro.

Penampilan yang menjadi andalan, dari grup-grup banjari yang sudah melanglang buana, ke berbagai wilayah, bahkan ke beberapa negara tetangga. Selain itu, ada pula aksi santri lainnya. seperti pencak silat, membaca puisi, hingga stand up comedy. Bagi yang berprestasi, seperti biasa, bantuan dan beasiswa diberikan, juga penghargaan bagi para santri di pondok pesantren nurul qodim.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:25
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   SAAT INI, LIVERPOOL KOKOH DI PUNCAK KLASEMEN LIGA INGGRIS DENGAN KOLEKSI 76 POIN   LIVERPOOL JADI TIM PERTAMA EROPA YANG LOLOS KE LIGA CHAMPIONS MUSIM DEPAN   THAILAND MELARANG WARGANYA KUNJUNGI JEPANG DAN SINGAPURA UNTUK SEMENTARA WAKTU KARENA VIRUS KORONA   DIREKTUR RS WUCHANG, WUHAN, LIU ZHIMING MENINGGAL DUNIA AKIBAT VIRUS KORONA   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA INGGRIS TERBITKAN 600 PERINGATAN BAHAYA BANJIR AKIBAT BADAI DENNIS   PENCARIAN KORBAN LONGSOR DI PASAMAN, SUMBAR, TERKENDALA AKSES MASUK ALAT BERAT KE LOKASI KEJADIAN   DPR MINTA KEMENTAN BENAHI PERHITUNGAN DATA PERTANIAN   BNN SITA KERANJANG BUAH YANG DIDUGA BERISI GANJA DI CIKOKOL, KOTA TANGERANG   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI SEBUT 400.000 RUMAH TINGGAL YANG TIDAK MENGANTONGI IMB BERADA DI PERKAMPUNGAN   DINAS TATA RUANG KOTA BEKASI: ADA 400.000 DARI 800.000 RUMAH TINGGAL DI BEKASI YANG BELUM MENGANTONGI IMB   TRANSJAKARTA UBAH RUTE BUS HARMONI-PULOGADUNG KARENA ADA PENGERJAAN "UNDERPASS" SENEN, JAKARTA PUSAT   KEPALA STAF KEPRESIDENAN (KSP) MOELDOKO: PROGRAM KARTU PRAKERJA MULAI DILAKSANAKAN APRIL 2020