Kompas TV nasional sapa indonesia

Prestasi Multimedia Santri Ponpes Nurul Qadim

Sabtu, 30 November 2019 | 15:08 WIB

Pondok pesantren Nurul Qodim. Pesantren terkenal ini, berada di wilayah Tapal Kuda Jawa Timur. Tepatnya di desa Kali Kajar Kulon, kecamatan Paiton, kabupaten Probolinggo. Berawal dari sebuah langgar atau mushala, sekitar tahun 1947, pesantren ini didirikan oleh seorang kiai, yang terkenal dengan panggilan Kiai Mino.

Pesantren Nurul Qodim, menitik beratkan pendidikan ilmu agama, baik pengenalan berbagai kitab, hingga memahami dan mengamalkan isi al qur'an, dalam setiap sendi kehidupan. Meski tumbuh dan berkembang di desa, pondok Pesantren Nurul Qodim menolak disebut gagap teknologi alias gaptek. Justru sebaliknya, para santri di pondok pesantren ini lebih fokus terhadap perkembangan teknologi.

Dunia yang berkaitan dengan jejaring sosial, mereka optimalkan sebagai media dakwah serta berekspresi dalam berkesenian. Maka tak heran, sebagian besar dari ribuan santri di sini, tidak asing dengan dunia visual, serta penyebaranya. Beberapa apresiasi penghargaan pernah mereka raih, dalam beberapa tahun terakhir. karya-karya yang di-unggah ke media sosial, mendapat respon positif. Dari berbagai solawatan yang dibawakan oleh grup banjari, hingga klip video yang dikemas apik, mengajak untuk kebaikan.

Atas prestasi pesantren nurul qodim inilah, sosro sahabat santri, tergerak mengenal lebih dekat para santri. Berbagai kesenian dipentaskan dalam acara yang digelar sosro.

Penampilan yang menjadi andalan, dari grup-grup banjari yang sudah melanglang buana, ke berbagai wilayah, bahkan ke beberapa negara tetangga. Selain itu, ada pula aksi santri lainnya. seperti pencak silat, membaca puisi, hingga stand up comedy. Bagi yang berprestasi, seperti biasa, bantuan dan beasiswa diberikan, juga penghargaan bagi para santri di pondok pesantren nurul qodim.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:01
SEKDA PEMPROV BALI INGATKAN KEGIATAN ADAT DILAKSANAKAN DENGAN JUMLAH TERBATAS   BAWASLU JABAR SEBUT POTENSI KETERLIBATAN ASN BERPOLITIK PRAKTIS CUKUP TINGGI PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT PEMERINTAH TERUS CARI CARA CEGAH KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 HARGA MATI   TEKAN JUMLAH KEMATIAN AKIBAT COVID-19, DINKES NUSA TENGGARA BARAT "SCREENING" LANSIA   KASUS COVID-19 BERTAMBAH, PEMKAB BENER MERIAH TUTUP 17 SEKOLAH   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: TNI AKAN KERAHKAN SELURUH ANGKATAN UNTUK ATASI PANDEMI COVID-19   SATPOL PP BOGOR SEGEL 10 VILA KARENA NEKAT SEWAKAN "HOME STAY" DI MASA PSBB PRA-ADAPTASI KEBIASAAN BARU   12 TENAGA MEDIS POSITIF COVID-19, RSUD JAMBI TUTUP SEMENTARA LAYANAN ICU HINGGA RADIOLOGI SELAMA 3 HARI   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE SECARA DARING   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020