HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / regional / berita daerah

Rumput Untuk Piala Dunia U-20, 5 Milyar untuk 1 Stadion

Sabtu, 30 November 2019 | 14:30 WIB
Stadion Manahan Solo

SOLO, KOMPAS.TV - Stadion Manahan Solo siap berbenah untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021. Salah satunya, mengganti rumput stadion kebanggaan warga Solo itu agar layak digunakan untuk Piala Dunia.

Pilihan rumput jatuh pada jenis Zoysia Japonica, yang telah digunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Zoysia Japonica memiliki daun runcing dan kerapatan tinggi. Rumput ini juga tidak cepat rusak oleh spul sepatu sepakbola.

Ada harga, ada pula rupa. Taksiran harga penggantian rumput itu cukup fantastis.

"Paling tidak satu lapangan itu sekitar 4,5-5 milyar," jelas Joni Hari Sumantri, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Solo, Sabtu (30/11/2019).

Tidak hanya lapangan sepakbola yang dijadikan venue pertandingan, tetapi juga lapangan sepakbola yang digunakan latihan pun harus memiliki standar rumput yang sama.

Ada lima lapangan sepakbola yang disiapkan untuk Piala Dunia di kota Solo.

Pemerintah kota Solo berharap pemerintah pusat dan PSSI dapat memberikan dukungan pembiayaan bagi penggantian rumput tersebut. 

"Kalau itu dibebankan di APBD, itu berat", jelas Hari lagi.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah mengalahkan Brasil dan Peru dalam biding yang digelar akhir Oktober lalu. Keputusan tersebut dikeluarkan FIFA dalam Council Meeting di Shanghai, yang dipimpin langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Pemain-pemain muda terbaik dari seluruh dunia akan unjuk kemampuan di Indonesia dalam kurun dua tahun ke depan.

Selain jadi tontonan memikat, event ini adalah kesempatan emas buat bibit muda Indonesia meraih prestasi internasional dan sekaligus menakar kemampuan mereka.

Laporan : Widi Nugroho


 

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
01:40
ISRAEL AKAN MENGGELAR KEMBALI PEMILU PADA 2 MARET 2020 SETELAH PEMERINTAHAN YANG BARU GAGAL TERBENTUK   BPBD SULTENG: 57 RUMAH DI DESA BOLAPAPU,KECAMATAN KULAWI, KABUPATEN SIGI, RUSAK TERJANG BANJIR BANDANG   PEMKOT SURABAYA AKAN MEMBANGUN KOMPLEKS SEKOLAH DI KAWASAN EKS LOKALISASI DOLLY PADA 2020   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN (KKP) TANGANI LIMBAH SAMPAH 12 TON DI LABUAN BAJO, NTT   RESMI BEROPERASI, TARIF TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIBERLAKUKAN TAHUN DEPAN   KEMENTERIAN PUPR PERBAIKI TANGGUL JEBOL DI MUARA BARU, JAKARTA   BI MEMPREDIKSI KEBUTUHAN UANG MASYARAKAT SUMATERA UTARA JELANG NATAL RP 3,17 TRILIUN   JELANG NATAL DAN TAHUN BARU, PT KAI DAOP VIII SURABAYA PETAKAN TITIK RAWAN BANJIR HINGGA POTENSI TANAH LONGSOR   POLDA METRO JAYA SIAPKAN 10.000 PERSONEL UNTUK AMANKAN PERAYAAN NATAL DAN TAHUN BARU DI JAKARTA   OPERASI LILIN AKAN BERLANGSUNG PADA 23 DESEMBER 2019 HINGGA 1 JANUARI 2020   POLRI TERJUNKAN 100.000 PERSONEL DALAM OPERASI LILIN 2019   SIANG INI, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN MELANTIK ANGGOTA DEWAN PERTIMBANGAN PRESIDEN (WANTIMPRES) DI ISTANA NEGARA   PARTAI DEMOKRAT MINTA PILEG DAN PILPRES TIDAK DILANGSUNGKAN SECARA SERENTAK SEPERTI PEMILU 2019   PARTAI NASDEM TEGASKAN TIDAK AKAN CALONKAN MANTAN NARAPIDANA KORUPSI DI PILKADA