Kompas TV nasional sapa indonesia

Sederhanakan Kurikulum, Nadiem Berencana Hapus Ujian Nasional

Kompas.tv - 30 November 2019, 13:40 WIB
Penulis : Reny Mardika

Inilah tanggapan sejumlah guru, terkait rencana menteri pendidikan Nadiem Makarim, untuk menghapus ujian nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah mengkaji kemungkinan penghapusan ujian nasional, dalam rangka menciptakan kesinambungan sistem pendidikan dan dunia industri.

Nadiem juga mengatakan pihaknya ingin menyederhanakan kurikulum dan meningkatkan kompetensi agar menciptakan SDM yang unggul.
 

Wacana penghapusan ujian nasional, telah lama muncul dan tenggelam. Jika ujian nasional jadi dihapus, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu merumuskan strategi baru untuk mengukur kualitas pendidikan.


Ujian nasional pada prinsipnya adalan sebuah metode untuk mengukur kualitas pendidikan para siswa. Ujian nasional dinilai tidak berkeadilan, karena menyamaratakan kualitas pendidikan padahal infrastruktur pendidikan tidak merata di setiap daerah. Penghapusan ujian nasional perlu dikaji seksama, dan jika dihapus, metode penggantinya harus mampu mengejawantahkan pendidikan berkualitas yang berkeadilan.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop dihttps://www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini,terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuksubscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. Media social Kompas TV:

Facebook: https://www.facebook.com/KompasTV

Instagram: https://www.instagram.com/kompastv

Twitter: https://twitter.com/KompasTV

LINE: https://line.me/ti/p/%40KompasTV

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.