Kompas TV nasional sapa indonesia

[DIALOG] Pejabat Diganti Robot, Efektif?

Kompas.tv - 29 November 2019, 23:30 WIB
Penulis : Christandi Super

Presiden Joko Widodo meminta maaf pada pegawai eselon III dan IV karena mengeluarkan kebijakan yang akan memangkas jabatan eselon di kementerian. Jokowi menegaskan pemangkasan ini tidak akan memengaruhi pendapatan pejabat eselon III dan IV. Jokowi pun mengaku sudah bicara dengan para ahli IT terkait usulan menggantikan jabatan tersebut dengan kecerdasan buatan alias robot.

Apakah penggunaan kecerdasan buatan bisa efektif untuk menggantikan peran dari ASN eselon III dan IV? Dan apa upaya yang harus ditempuh pemerintah agar pemangkasan eselon III dan IV tidak sampai menimbulkan gejolak di kalangan ASN?

=====

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV:

Facebook: https://www.facebook.com/KompasTV

Instagram: https://www.instagram.com/kompastv

Twitter: https://twitter.com/KompasTV

LINE: https://line.me/ti/p/%40KompasTV



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.