Kompas TV TALKSHOW rosi

Terungkap! Banyak yang Tak Tahu Apa Itu Ujaran Kebencian - ROSI

Jumat, 29 November 2019 | 22:31 WIB

Ada yang bilang Indonesia darurat ujaran kebencian. Bahkan periode Januari hingga Juli 2019, Polri sudah menangani sebanyak 675 kasus ujaran kebencian. Namun siapa sangka masih banyak orang yang tak tahu apa itu ujaran kebencian.

Dosen Komunikasi Unpad, Kunto Adi Wibowo, mengatakan, bahwa dari hasil riset yang dilakukan olehnya, masih ada ketidaktahuan akan apa itu ujaran kebencian di masyarakat.

Kunto Adi sempat menanyakan kepada masyarakat apa itu ujaran kebencian? Banyak yang menjawab bahwa mengkritik pemerintah adalah ujaran kebencian. Sementara memerangi pihak yang tidak seiman dianggap bukanlah sebuah ujaran kebencian. 

Padahal menurut Kunto Adi Wibowo, mengkritik pemerintah adalah sebuah kewajaran dalam demokrasi.

Apakah fenomena ini hanya menimpa masyarakat, atau jangan-jangan mereka yang duduk di pemerintahan pun juga tidak tahu definisi ujaran kebencian?
Bagaimana Rocky Gerung, Direktur Eksekutif Indobarometer M. Qodari, Politis PDIP Budiman Sudjatmiko & Direktur Eksekutif Kedai Kopi Kunto Adi Wibowo, melihat fakta ini?

 

#ROSI #ROSIKompasTV #UjaranKebencian

Editor : Novian Zainul Arifin

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:35
IDI MENILAI TES USAP MANDIRI PERLU DILAKUKAN UNTUK PERLUAS PELACAKAN COVID-19   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN MENYATAKAN PEMERINTAH MENYIAPKAN RP 21,8 TRILIUN UNTUK PROSES VAKSINASI COVID-19   HINGGA 28 SEPTEMBER 2020, RS DARURAT WISMA ATLET RAWAT 4.636 PASIEN COVID-19   BASUKI TJAHAJA PURNAMA CABUT LAPORAN SOAL PENGHINAAN KARENA TERSANGKA SUDAH TUA DAN SADAR SALAH   KUASA HUKUM BASUKI TJAHAJA PURNAMA SEBUT KLIENNYA CABUT LAPORAN SOAL PENGHINAAN OLEH 2 TERSANGKA DI POLDA METRO JAYA   BAWASLU BUBARKAN KAMPANYE CALON GUBERNUR JAMBI CEK ENDRA KARENA MELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KPK EKSEKUSI MANTAN PANITERA PN JAKARTA UTARA ROHADI KE LAPAS SUKAMISKIN, JAWA BARAT   JAKARTA ISLAMIC CENTER, GRAHA WISATA TMII, DAN GRAHA WISATA RAGUNAN DISIAPKAN JADI TEMPAT ISOLASI PASIEN COVID-19   PEMPROV DKI JAKARTA SEDIAKAN TIGA TEMPAT ISOLASI MANDIRI BAGI PASIEN COVID-19   DINSOS DKI JAKARTA DISTRIBUSIKAN 198 ALAT BANTU FISIK BAGI PENYANDANG DISABILITAS   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA RUMAH SAKIT MELAKUKAN PENGOBATAN COVID-19 SESUAI STANDAR KEMENKES   SATGAS PENGAMANAN PERBATASAN RI-RDTL YONARMED 3/105 GAGALKAN PENYELUNDUPAN BBM KE TIMOR LESTE   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   BARESKRIM POLRI LIMPAHKAN KASUS SURAT JALAN PALSU DJOKO TJANDRA KE KEJAKSAAN AGUNG