Kompas TV video cerita indonesia

Trasify, Tempat Sampah Canggih yang Bisa Kelompokkan Sampah Sesuai Jenis

Kompas.tv - 29 November 2019, 17:28 WIB
Penulis : Desy Hartini

Sekelompok mahasiswa berinovasi dengan membuat alat yang dapat mengelompokkan sampah sesuai jenisnya. Diberi nama trasify, singkatan dari trasch classifying, alat ini adalah karya Dandy Fajar Mahendra, Muhammad Wildan Oktavian, dan Wiken Cahyo Pambudi, mahasiswa fakultas teknik dan fakultas ilmu komputer Universitas Brawijaya, Malang.

Berawal dari kepedulian mereka akan masyarakat Indonesia yang masih malas membuang sampah sesuai jenisnya bahkan membuat petugas kebersihan harus memilah sampah kembali karena sampah tercampur tidak sesuai jenisnya sehingga tentu saja membuang waktu dan membuat pekerjaan tidak efektif.

Tercetuslah ide untuk membuat inovasi trasify ini. Cara kerjanya, ketika ada sampah yang masuk, alat ini akan mendeteksi secara otomatis jenis sampah dan langsung mengklasifikasikan sampah berdasarkan jenisnya dalam waktu singkat, yakni sampah organik, anorganik, maupun logam.

Alat ini juga telah dilengkapi dengan kamera. Inovasi ini berbasis internet of things yang dikombinasikan dengan teknologi image processing dan artificial intellegence. Alat ini juga ramah lingkungan karena energi yang digunakan berasal dari panel surya 5V.

Inovasi ini juga dilengkapi dengan aplikasi pendeteksi lokasi tempat sampah yang bisa dicek melalui ponsel. Dengan fitur ini, petugas kebersihan dapat dengan mudah memonitoring lokasi keberadaan trasify dan juga bisa mendapat notifikasi jika tempat sampah ini sudah penuh.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x