HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 top 3 news

[TOP 3 NEWS] Bentrokan Di Buton | Jokowi Bertemu Delegasi Uni Eropa | Uji Materi UU KPK Ditolak

Kamis, 28 November 2019 | 22:10 WIB

Bentrokan antar-pemuda terjadi di Desa Wadiabero, Kecamatan Gu, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Bentrok menyebabkan satu orang tewas dan sebanyak 25 rumah dibakar. Selain rumah, sejumlah sepeda motor juga hangus terbakar. Bentrok dipicu adanya kesalahpahaman dari pemuda yang berselisih saat menghadiri sebuah acara. Penyerangan sekelompok pemuda berasal dari desa yang bertetangga.

Salah seorang warga mengaku mendapat tindak pemukulan saat penyerangan terjadi. Pasca-bentrok, polisi pun melakukan pengamanan di sekitar lokasi. Wakil Bupati Buton Tengah La Ntau juga menyatakan bentrok berasal dari adanya penikaman yang dilakukan salah satu kelompok pemuda.

Berita terpopuler kedua, Presiden Joko Widodo melangsungkan pertemuan dengan delegasi EU-ASEAN Business Council. Pertemuan membahas prospek kerja sama perdagangan antar wilayah. Dalam pembukaannya, Jokowi menyatakan bahwa ada harapan tinggi untuk menjalin kerja sama dengan Uni Eropa karena negara-negara ASEAN sedang berada dalam kondisi ekonomi yang lebih baik.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal industri minyak sawit Indonesia yang mengalami diskriminasi oleh beberapa perusahaan Eropa. Berdasarkan data yang ada, produsen minyak sawit seperti Indonesia tidak mendapatkan perhatian dari Uni Eropa. Presiden pun meminta Uni Eropa bersedia untuk bernegosiasi dalam kerja sama ekonomi termasuk mengenai ekspor minyak sawit.

Berita terpopuler terakhir, majelis hakim Mahkamah Konstitusi menolak gugatan uji materi UU KPK yang diajukan mahasiswa. Uji materi UU KPK ditolak karena kesalahan objek pada penulisan nomor undang-undang. Sebelumnya, Zico Leonard dan 18 mahasiswa dari bebagai perguruan tinggi mengajukan gugatan uji materi kepada UU KPK yang baru ke MK, tepat sehari setelah UU itu disahkan oleh DPR. Saat permohonan diajukan, undang-undang hasil revisi tersebut  belum diberi nomor dan tahun oleh Kementerian Hukum dan HAM serta tidak ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara, pemohon Zico Leonard pun mempertanyakan sikap MK terhadap permohonannya. Zico menilai, MK tidak konsisten dalam menangani uji materi KPK yang baru. Salah satunya karena jadwal persidangan yang dipercepat sehingga mahasiswa sebagai pelapor tidak dapat melakukan perbaikan permohonan untuk memasukan nomor UU KPK yang baru disahkan pada 17 Oktober 2019. Zico pun berencana untuk melaporkan hakim Mahkamah Konsitusi ke dewan etik MK.


 

#TOP3NEWS #Jokowi #UUKPKDITOLAK

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
18:29
KPK MINTA MANTAN SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG NURHADI KOOPERATIF PENUHI PANGGILAN KPK   KPK KEMBALI PANGGIL MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI SEBAGAI TERSANGKA DUGAAN SUAP PENGURUSAN PERKARA PERDATA, BESOK   KOMISI KESEHATAN NASIONAL TIONGKOK MENYATAKAN 36 PASIEN YANG TERINFEKSI VIRUS KORONA SEMBUH DAN DIPULANGKAN DARI RS   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO BANTAH VIRUS KORONA SAMPAI KE INDONESIA   TIONGKOK GUNAKAN OBAT UNTUK PENGIDAP VIRUS HIV SEBAGAI PENANGANAN SEMENTARA PASIEN TERINFEKSI VIRUS KORONA    KEPALA SEKRETARIAT PRESIDEN HERU BUDI HARTONO MINTA PEMPROV DKI JAKARTA TIDAK BERPOLEMIK DALAM MENANGANI BANJIR   ANGGOTA BALEG DPR FIRMAN SOEBAGYO SEBUT "OMNIBUS LAW" AKAN DIBAHAS TERBUKA DAN MENDENGARKAN MASUKAN BERBAGAI PIHAK   BMKG MEMPREDIKSI CUACA EKSTREM AKAN MELANDA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SELAMA TIGA HARI KE DEPAN    SOAL KURSI WAGUB DKI JAKARTA, RIZA PATRIA: SEPENUHNYA SAYA SERAHKAN KEPADA TEMAN-TEMAN DI DPRD   RIZA PATRIA SIAP MUNDUR SEBAGAI ANGGOTA DPR JIKA TERPILIH MENJADI WAGUB DKI JAKARTA    CAWAGUB DKI JAKARTA RIZA PATRIA MENGAKU TIDAK ADA LOBI KHUSUS KEPADA ANGGOTA DPRD    GUBERNUR ANIES BASWEDAN KLAIM ANGKA KEMISKINAN DI DKI JAKARTA TERENDAH SE-INDONESIA DALAM 5 TAHUN TERAKHIR   SOAL BANJIR "UNDERPASS" KEMAYORAN, GUBERNUR ANIES BASWEDAN: PEMPROV DKI IKUT BANTU MESKI BUKAN KEWENANGANNYA   KEPALA TIM SIAGA BANJIR KOARMADA I PERKIRAKAN BANJIR DI "UNDERPASS" KEMAYORAN KERING MALAM INI JIKA TIDAK HUJAN