Kompas TV klik360 top 3 news

[TOP 3 NEWS] Bentrokan Di Buton | Jokowi Bertemu Delegasi Uni Eropa | Uji Materi UU KPK Ditolak

Kamis, 28 November 2019 | 22:10 WIB

Bentrokan antar-pemuda terjadi di Desa Wadiabero, Kecamatan Gu, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Bentrok menyebabkan satu orang tewas dan sebanyak 25 rumah dibakar. Selain rumah, sejumlah sepeda motor juga hangus terbakar. Bentrok dipicu adanya kesalahpahaman dari pemuda yang berselisih saat menghadiri sebuah acara. Penyerangan sekelompok pemuda berasal dari desa yang bertetangga.

Salah seorang warga mengaku mendapat tindak pemukulan saat penyerangan terjadi. Pasca-bentrok, polisi pun melakukan pengamanan di sekitar lokasi. Wakil Bupati Buton Tengah La Ntau juga menyatakan bentrok berasal dari adanya penikaman yang dilakukan salah satu kelompok pemuda.

Berita terpopuler kedua, Presiden Joko Widodo melangsungkan pertemuan dengan delegasi EU-ASEAN Business Council. Pertemuan membahas prospek kerja sama perdagangan antar wilayah. Dalam pembukaannya, Jokowi menyatakan bahwa ada harapan tinggi untuk menjalin kerja sama dengan Uni Eropa karena negara-negara ASEAN sedang berada dalam kondisi ekonomi yang lebih baik.

Selain itu, Jokowi juga menyinggung soal industri minyak sawit Indonesia yang mengalami diskriminasi oleh beberapa perusahaan Eropa. Berdasarkan data yang ada, produsen minyak sawit seperti Indonesia tidak mendapatkan perhatian dari Uni Eropa. Presiden pun meminta Uni Eropa bersedia untuk bernegosiasi dalam kerja sama ekonomi termasuk mengenai ekspor minyak sawit.

Berita terpopuler terakhir, majelis hakim Mahkamah Konstitusi menolak gugatan uji materi UU KPK yang diajukan mahasiswa. Uji materi UU KPK ditolak karena kesalahan objek pada penulisan nomor undang-undang. Sebelumnya, Zico Leonard dan 18 mahasiswa dari bebagai perguruan tinggi mengajukan gugatan uji materi kepada UU KPK yang baru ke MK, tepat sehari setelah UU itu disahkan oleh DPR. Saat permohonan diajukan, undang-undang hasil revisi tersebut  belum diberi nomor dan tahun oleh Kementerian Hukum dan HAM serta tidak ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Sementara, pemohon Zico Leonard pun mempertanyakan sikap MK terhadap permohonannya. Zico menilai, MK tidak konsisten dalam menangani uji materi KPK yang baru. Salah satunya karena jadwal persidangan yang dipercepat sehingga mahasiswa sebagai pelapor tidak dapat melakukan perbaikan permohonan untuk memasukan nomor UU KPK yang baru disahkan pada 17 Oktober 2019. Zico pun berencana untuk melaporkan hakim Mahkamah Konsitusi ke dewan etik MK.


 

#TOP3NEWS #Jokowi #UUKPKDITOLAK

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


KOMPAS SPORT

Timnas U-16 akan Kembali Gelar Uji Coba

Senin, 28 September 2020 | 06:15 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:27
TAK ADA PENAMBAHAN TPS, KPU TANGSEL GILIR JADWAL KEDATANGAN PEMILIH UNTUK HINDARI KERUMUNAN    KPU TANGERANG SELATAN TAK BERENCANA TAMBAH JUMLAH TPS PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT SAAT INI PEMERINTAH MULAI UBAH STRATEGI PEMBANGUNAN KESEHATAN   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MINTA IDI LINDUNGI PARA DOKTER YANG TANGANI COVID-19   KLHK PERKIRAKAN PEMULIHAN LAHAN KRITIS DI INDONESIA BUTUH 60 TAHUN   PEMPROV JATIM TEGASKAN PILKADA SERENTAK UTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN   PEMPROV DKI SIAPKAN SISTEM PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK TERPUSAT SKALA PERKOTAAN DAN PERMUKIMAN   MENAKER IDA FAUZIAH: KUNCI SUKSES DI REVOLUSI 4.0 ADALAH ADAPTIF DAN INOVATIF PADA PERUBAHAN   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA SUSUN PROTOKOL KHUSUS CEGAH MUNCULNYA KLASTER KELUARGA   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA MINTA ORANG TUA SELALU BERSIHKAN DIRI SAAT TIBA DI RUMAH    KEMENTERIAN PERDAGANGAN DUKUNG PENATAAN EKOSISTEM LOGISTIK NASIONAL   KEMENPERIN PASTIKAN INDUSTRI TERAPKAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN LIMBAH DENGAN BAIK    KEMENPERIN SIAP EVALUASI KEBIJAKAN INDUSTRI DI TENGAH PANDEMI COVID-19    KETUA PELAKSANA KOMITE COVID-19 ERICK THOHIR: PROGRAM BANTUAN KUOTA INTERNET UNTUK JAGA KUALITAS SDM