Kompas TV nasional kompas petang

Gugatan Uji Materi UU KPK Oleh Mahasiswa Ditolak MK

Kamis, 28 November 2019 | 21:48 WIB

Mahkamah Konsititusi memutuskan untuk menolak gugatan uji materi, atau judicial review yang diajukan oleh Zico Leonard dan puluhan mahasiswa terhadap UU KPK. Putusan dibacakan dalam sidang di gedung MK siang tadi (28/11/2019).

Majelis hakim mahkamah konstitusi menolak gugatan uji materi UU KPK yang diajukan mahasiswa karena kesalahan obyek, pada penulisan nomor undang-undang.

Sebelumnya, Zico Leonard dan 18 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi mengajukan gugatan uji materi kepada UU KPK yang baru ke MK, tepat sehari setelah UU itu disahkan oleh DPR. Saat permohonan diajukan undang-undang hasil revisi tersebut belum diberi nomor dan tahun oleh kementerian hukum dan HAM, serta tidak ditandatangani oleh presiden Joko Widodo. 

Mahasiswa pemohon uji materi UU KPK yang baru, Zico Leonard, mempertanyakan sikap mahkamah konstitusi terhadap permohonannya. Zico menilai, jika MK tidak konsisten dalam menangani uji materi undang udang KPK yang baru. Salah satunya karena jadwal persidangan yang dipercepat sehinggai mahasiswa sebagai pelapor, tidak dapat melakukan perbaikan permohonan untuk memasukkan nomor UU KPK yang baru disahkan pada 17 Oktober 2019.


Tak hanya mahasiswa yang mengajukan uji materi UU KPK, 3 pimpinan KPK, Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode M Syarif, juga mengajukan uji materi UU KPK ke MK, pada 20 November 2019 lalu. Pimpinan KPK menyebut jika uji materi undang-undang nomor 19 tahun 2019 tentang KPK ke MK atas nama pribadi.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:30
SEKDA PEMPROV BALI INGATKAN KEGIATAN ADAT DILAKSANAKAN DENGAN JUMLAH TERBATAS   BAWASLU JABAR SEBUT POTENSI KETERLIBATAN ASN BERPOLITIK PRAKTIS CUKUP TINGGI PADA PILKADA 2020   MENKO PMK SEBUT PEMERINTAH TERUS CARI CARA CEGAH KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PANDEMI COVID-19 HARGA MATI   TEKAN JUMLAH KEMATIAN AKIBAT COVID-19, DINKES NUSA TENGGARA BARAT "SCREENING" LANSIA   KASUS COVID-19 BERTAMBAH, PEMKAB BENER MERIAH TUTUP 17 SEKOLAH   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO: TNI AKAN KERAHKAN SELURUH ANGKATAN UNTUK ATASI PANDEMI COVID-19   SATPOL PP BOGOR SEGEL 10 VILA KARENA NEKAT SEWAKAN "HOME STAY" DI MASA PSBB PRA-ADAPTASI KEBIASAAN BARU   12 TENAGA MEDIS POSITIF COVID-19, RSUD JAMBI TUTUP SEMENTARA LAYANAN ICU HINGGA RADIOLOGI SELAMA 3 HARI   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE SECARA DARING   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020