Kompas TV nasional kompas petang

Gugatan Uji Materi UU KPK Oleh Mahasiswa Ditolak MK

Kompas.tv - 28 November 2019, 21:48 WIB
Penulis : Reny Mardika

Mahkamah Konsititusi memutuskan untuk menolak gugatan uji materi, atau judicial review yang diajukan oleh Zico Leonard dan puluhan mahasiswa terhadap UU KPK. Putusan dibacakan dalam sidang di gedung MK siang tadi (28/11/2019).

Majelis hakim mahkamah konstitusi menolak gugatan uji materi UU KPK yang diajukan mahasiswa karena kesalahan obyek, pada penulisan nomor undang-undang.

Sebelumnya, Zico Leonard dan 18 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi mengajukan gugatan uji materi kepada UU KPK yang baru ke MK, tepat sehari setelah UU itu disahkan oleh DPR. Saat permohonan diajukan undang-undang hasil revisi tersebut belum diberi nomor dan tahun oleh kementerian hukum dan HAM, serta tidak ditandatangani oleh presiden Joko Widodo. 

Mahasiswa pemohon uji materi UU KPK yang baru, Zico Leonard, mempertanyakan sikap mahkamah konstitusi terhadap permohonannya. Zico menilai, jika MK tidak konsisten dalam menangani uji materi undang udang KPK yang baru. Salah satunya karena jadwal persidangan yang dipercepat sehinggai mahasiswa sebagai pelapor, tidak dapat melakukan perbaikan permohonan untuk memasukkan nomor UU KPK yang baru disahkan pada 17 Oktober 2019.


Tak hanya mahasiswa yang mengajukan uji materi UU KPK, 3 pimpinan KPK, Agus Rahardjo, Saut Situmorang, dan Laode M Syarif, juga mengajukan uji materi UU KPK ke MK, pada 20 November 2019 lalu. Pimpinan KPK menyebut jika uji materi undang-undang nomor 19 tahun 2019 tentang KPK ke MK atas nama pribadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.