Kompas TV nasional sapa indonesia

Tak Hormat Bendera, Siswa Terancam Dikeluarkan Sekolah

Kompas.tv - 28 November 2019, 19:45 WIB
Penulis : Reny Mardika

Dua siswa kelas delapan dan sembilan Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Batam, Kepulauan Riau, terancam dikeluarkan dari sekolah. Pada saat upacara, keduanya tidak bersikap memberi hormat kepada bendera merah putih dan tidak menyanyikan lagu Indonesia Raya. Oleh sekolah, kedua siswa dinilai tidak mematuhi aturan sekolah.

Menurut permendikbud nomor 22 tahun 2018, tentang pedoman upacara bendera di sekolah, lagu Indonesia Raya dinyanyikan pada saat penaikan bendera. Para pesera upacara berdiri tegak dan sikap hormat dan tangan kanan menempel di pelipis. Bisa juga dengan menempaktan tangan kanan di dada sebelah kiri. Namun kedua siswa, melakukan hormat bendera dengan berdiri tegak dan menundukkan kepala. Sekolah sudah berdialog dengan orangtua kedua siswa. Namun hingga saat ini, belum ada titik temu.

 
Bukan tanpa sebab kedua siswa tidak memberi sikap hormat kepada bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Alasannya, keyakinan agama mereka melarang melakukan penghormatan dengan mengangkat tangan. Penghormatan dilakukan dengan berdiri tegak dan menundukkan kepala. Orangtua juga sudah mengajukan surat rekomendasi dari lembaga agama yang ia anut, untuk mendapatkan dispensasi.

 

Komisi perlindungan anak Indonesia, KPAI, mengkritik sikap terburu-buru SMP Negeri 21 Batam berniat mengeluarkan siswa yang tidak bersikap hormat pada saat upacara bendera. Dikutip dari tempo.com, ketua KPAI Susanto mengatakan, upaya persuasif mestinya jalan terbaik agar anak tetap sekolah, dan seiring berjalannya waktu, diharapkan berubah. Jika keyakinan anak tidak mau hormat bendera karena faktor pengasuhan keluarga, maka intervensinya harusnya berbasis keluarga. Ini penting menjadi perhatian kementerian agama, pemerintah daerah, dan tokoh agama terkait.

Saat ini, sekolah dan orangtua masih menunggu keputusan dari komite sekolah dan pihak-pihak lain yang memediasi. Kedua siswa juga masih mengikuti kegiatan belajar mengajar.

 

 

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https:.www.kompas.tv,live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru. 

Media social Kompas TV: 
Facebook: https:.www.facebook.com,KompasTV 
Instagram: https:.www.instagram.com,kompastv 
Twitter: https:.twitter.com,KompasTV 
LINE: https:.line.me,ti,p,%40KompasTV



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x