Kompas TV nasional singkap

Perjuangan Para Pendidik Dalam Sejaran Republik - SINGKAP

Kompas.tv - 25 November 2019, 22:07 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November, hal ini berdasar pada penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia tanggal 24 – 25 November 1945 di Surakarta. Menilik sejarah perjuangan bangsa, organisasi perjuangan guru pribumi telah terbentuk pada tahun 1912 saat masih era kolonial Belanda dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Organisasi ini terdiri dari berbagai lapisan guru yang memiliki semangat berjuang membebaskan rakyat Indonesia dari kebodohan di tengah segala keterbatasan dan belenggu penjajahan.

Pada tahun 1932, nama Persatuan Guru Hindia Belanda diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Pergantian nama ini ternyata membuat pihak Belanda tidak senang karena mencerminkan semangat kebangsaan. Namun aktivitas PGI benar-benar terhenti pada saat masa penjajahan Jepang.

Penyebabnya yaitu saat Jepang menjajah Indonesia, segala aktivitas organisasi dilarang kecuali lembaga yang didirikan oleh pemerintah Jepang. Disisi lain, Militer Jepang memberikan pedidikan kepada seluruh kalangan pribumi yang dilatih menjadi prajurit-prajurit untuk membantu peperangan bagi kepentingan Jepang.

Pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, para guru kembali disatukan dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Begitu pun semangat proklamasi yang turut menjiwai Kongres Guru Indonesia di Surakarta, organisasi maupun kelompok guru yang berlandaskan perbedaan tamatan, status, daerah dan agama sepakat dihapuskan. Para guru terus bergerak dan berjuang untuk sistem pendidikan terbaik bagi generasi penerus bangsa.

Lantas seperti apa sejarah lengkap perjalanan pendidikan di Indonesia dan bagaimana perjuangan organisasi guru hingga saat ini?

#Singkap



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x