Kompas TV nasional sapa indonesia

Bingkai Jalanan, Sekolahnya Kelompok Marjinal Senen

Kompas.tv - 25 November 2019, 15:50 WIB

Di kawasan Senen, Jakarta Pusat ada sekolah bingkai jalanan.yang jadi tempat bagi anak-anak kelompok marjinal memperoleh pendidikan dasar.

Sekolah Bingkai Jalanan beraktivitas di kawasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dua hari dalam sepekan sekolah untuk anak-anak jalanan dan anak-anak yang terhambat biaya pendidikanmenggelar kegiatan belajar mengajar. Sekolah yang menyasar kelompok marjinal yang tak tersentuh pendidikan formal ini hadir sejak tahun 2012.

Di tempat ini peserta didik diajari beragam mata pelajaran mulai dari membaca, berhitung, menulis hingga belajar bahasa asing. Belajar yang dikemas secara riang sambil bermain membuat Sekolah Bingkai Jalanan disenangi peserta didik.

Sekolah Bingkai Jalanan awalnya kegiatan CSR sejumlah pelajar peserta ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja SMKN 14 Jakarta. Para tenaga pengajar yang merupakan relawan mengakui kegiatan sosial di tempat ini membuat mereka terpacu belajar lebih banyak.

Sekolah Bingkai Jalanan memang tidak memiliki struktur formal seperti layaknya sekolah-sekolah resmi. Namun keberadaannya dinilai membantu mencerdaskan kalangan marjinal anak-anak jalanan yang belum tersentuh pendidikan.

#SekolahMarjinal #BingkaiJalanan #Senen



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x