Kompas TV nasional berita kompas tv

Teks Pidato Nadiem Makarim: Tugas Anda Adalah yang Termulia Sekaligus yang Tersulit

Kompas.tv - 25 November 2019, 10:17 WIB
Penulis : D I M

Pidato pada Hari Guru Nasional oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim viral di media sosial. Teks pidato Nadiem ia tulis sendiri dan akan dibacakan pada upacara peringatan Hari Guru Nasional 2019pada tanggal 25 November 2019.

Pidato sepanjang 2 halaman tersebut diunggah di situs Kemdikbud.Salah satu bagian pidato Hari Guru Mendikbud Nadiem Makarim adalah sebagai berikut:

"Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya dengan hati yang tulus kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Guru Indonesia yang tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit."

Ada pula bagian menarik lainnya dari pidato Mendikbud Nadiem Makarim:

"Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan. Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas. Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x