Kompas TV video tahu gak sih lo?

7 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Seleksi CPNS!

Kompas.tv - 20 November 2019, 18:33 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Idham Saputra

Gelombang pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah dimulai. Beramai-ramai masyarakat Indonesia dari berbagai golongan umur dan pendidikan ikut mendaftar untuk seleksi CPNS.

Apa sih yang bikin pendaftaran CPNS selalu ramai? Memang apa enaknya jadi PNS?

Pertama, siapa sih yang nolak gaji gede dan tunjangan yang tinggi? Selain mendapat tunjangan kinerja, seorang PNS juga mendapatkan tunjangan pensiun. Selain itu juga ada jaminan kesehatan, jenjang karir, dan katanya juga mudah dapat pinjaman dari bank. Jam kerja PNS juga stagnan dan harus siap dipindahkan ke berbagai lokasi.

Tahun 2019 tes CPNS membuka lebih dari 150 ribu formasi. Sebanyak 37 ribu di pusat dan sisanya di pemerintah daerah. Peserta CPNS juga wajib mengenakan pakaian hitam putih, atasan putih dan celana panjang berwarna hitam. Begitu pula dengan rok yang minimal di bawah lutut serta rok panjang itu wajib. Untuk peserta CPNS berhijab, wajib pakai kerudung hitam.

Seorang CPNS wajib memakai pakaian hitam putih untuk memudahkan pengontrolan, keseragaman, dan kedisiplinan sejak dini. Selain itu juga biar gampang dikenal sama panitia seleksi.Tahapan seleksi CPNS ini sampai April 2020.

Untuk menjadi PegawaiNegeri Sipil (PNS), wajib berkewarganegaraan Indonesia. Dalam tes CPNS juga ada klasifikasi khusus seperti cumlaude lulusan perguruan tinggi dalam negeri serta program studinya berakreditasi A. Kemudian penyandang disabilitas, putra putri daerah, dan juga kategori umum.

Nah, yang ramai waktu jelang seleksi CPNS begini adalah Disdukcapil buat KTP, kantor polisi buat SKCK, fasilitas kesehatan untuk buat surat keterangan kesehatan, dan juga pedagang jimat!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.