Kompas TV klik360 tahu gak sih lo?

7 Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Seleksi CPNS!

Rabu, 20 November 2019 | 18:33 WIB

Gelombang pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah dimulai. Beramai-ramai masyarakat Indonesia dari berbagai golongan umur dan pendidikan ikut mendaftar untuk seleksi CPNS.

Apa sih yang bikin pendaftaran CPNS selalu ramai? Memang apa enaknya jadi PNS?

Pertama, siapa sih yang nolak gaji gede dan tunjangan yang tinggi? Selain mendapat tunjangan kinerja, seorang PNS juga mendapatkan tunjangan pensiun. Selain itu juga ada jaminan kesehatan, jenjang karir, dan katanya juga mudah dapat pinjaman dari bank. Jam kerja PNS juga stagnan dan harus siap dipindahkan ke berbagai lokasi.

Tahun 2019 tes CPNS membuka lebih dari 150 ribu formasi. Sebanyak 37 ribu di pusat dan sisanya di pemerintah daerah. Peserta CPNS juga wajib mengenakan pakaian hitam putih, atasan putih dan celana panjang berwarna hitam. Begitu pula dengan rok yang minimal di bawah lutut serta rok panjang itu wajib. Untuk peserta CPNS berhijab, wajib pakai kerudung hitam.

Seorang CPNS wajib memakai pakaian hitam putih untuk memudahkan pengontrolan, keseragaman, dan kedisiplinan sejak dini. Selain itu juga biar gampang dikenal sama panitia seleksi.Tahapan seleksi CPNS ini sampai April 2020.

Untuk menjadi PegawaiNegeri Sipil (PNS), wajib berkewarganegaraan Indonesia. Dalam tes CPNS juga ada klasifikasi khusus seperti cumlaude lulusan perguruan tinggi dalam negeri serta program studinya berakreditasi A. Kemudian penyandang disabilitas, putra putri daerah, dan juga kategori umum.

Nah, yang ramai waktu jelang seleksi CPNS begini adalah Disdukcapil buat KTP, kantor polisi buat SKCK, fasilitas kesehatan untuk buat surat keterangan kesehatan, dan juga pedagang jimat!

Penulis : Idham Saputra | Editor : edika ipelona




BERITA LAINNYA


PILKADA SERENTAK

Saran Pilkada Ditunda Cambuk Bagi KPU

Minggu, 20 September 2020 | 12:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
12:07
WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   DITPOLAIRUD POLDA PAPUA TERJUNKAN PERSONEL UNTUK JADI TENAGA PENGAJAR BAGI ANAK-ANAK SEKOLAH DI PULAU KOSONG   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH SEGERA TETAPKAN STANDAR HARGA TES PCR DI BERBAGAI RUMAH SAKIT   KEMENDAG AMERIKA SERIKAT TUNDA LARANGAN PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK HINGGA 27 SEPTEMBER 2020   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, TAMBAH 200 TENAGA KESEHATAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN COVID-19   KANTOR WALI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT DITUTUP TIGA HARI KE DEPAN SETELAH LIMA PEGAWAI POSITIF COVID-19   KEMLU SEBUT KASUS BARU WNI DI LUAR NEGERI YANG TERKONFIRMASI COVID-19 BERASAL DARI KUWAIT   KEMLU MENCATAT KASUS WNI TERKONFIRMASI COVID-19 DI LUAR NEGERI BERTAMBAH MENJADI 1.422 KASUS   MENKO PMK MINTA PEMDA MEMILIKI INISIATIF JIKA FASILITAS UNTUK PENANGANAN COVID-19 DARI PUSAT BELUM TURUN   MANTAN PM KANADA JOHN TURNER TUTUP USIA   KUASA HUKUM JOHN KEI SEBUT PENAHANAN KLIENNYA DIPERPANJANG HINGGA 19 OKTOBER 2020   KEMENKES IRAN MENCATAT ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 MENCAPAI 24.000 KASUS   POLRES BOGOR, JAWA BARAT: WISATAWAN KE PUNCAK TURUN 80 PERSEN, PENGARUH PSBB JAKARTA