Kompas TV nasional berita kompas tv

Mencicipi Cita Rasa Kopi Terbaik Khas Jawa Tengah

Kompas.tv - 16 November 2019, 14:00 WIB

Gelaran Jateng Gayeng Coffee Festival berlangsung di Heritage Plaza Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sejumlah pencinta kopi hadir untuk menikmati ragam racikan kopi yang berasal dari tanah jawa.

Salah satunya pakar kopi Indonesia Sri Mulato. Menurut Sri Mulato, Jawa Tengah merupakan penghasil kopi arabica yang bagus. Ciri-ciri kopi arabica khas Jateng memiliki citarasa rempah dan manis. Citarasa ini jarang ditemukan pada biji kopi yang berasal dari daerah lain. Menurut pakar kopi ini citarasa kopi berkualitas sangat dipengaruhi oleh ekosistem. Antara lain faktor ketinggian tanaman iklim mikro kandungan mineral mikro dalam tanah dan juga bahan awal tanaman. Citarasa kopi berkualitas banyak ditemukan di Wonosobo yang dikenal dengan kawasan vulkanik aktif Pegunungan Dieng.

Dalam gelaran Jateng Gayeng Coffee Festival pemilik Tangen Rostari Wonosobo yang juga salah satu Ketua Asosiasi Petani Kopi Ahmad Musta'in turut memperkenalkan manual roasting atau menyangrai kopi. Dari segi rasa metode ini dianggap lebih baik bila dibandingkan menggunakan dengan mesin karena kopi cepat matang dengan api manual.

#JatengGayengCoffeeFestival #KopiJawaTengah #JawaTengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x