Kompas TV nasional jejak kasus

Kerang Hijau Jakarta Berbahaya - JEJAK KASUS

Kompas.tv - 15 November 2019, 15:38 WIB

Kerang hijau di Teluk Jakarta tercemar logam berat. Kondisi air laut di Teluk Jakarta yang kotor dan keruh menjadi penyebab utama kerang hijau tercemar. Akibat kondisi air laut di Teluk Jakarta tercemar maka kerang hijau yang berasal dari Teluk Jakarta tidak layak dikonsumsi karena sudah mengandung logam berat yang melebihi ambang batas.

Jika kerang hijau yang tercemar dikonsumsi oleh manusia maka akan memicu berbagai macam penyakit seperti kanker, penurunan fungsi hati, kerusakan ginjal, sampai pada kematian. Namun dibalik semua itu kerang hijau masih menjadi makanan favorit masyarakat. Dan banyak pula nelayan yang tinggal di wiliayah pesisir utara Jakarta menggantungkan hidupnya pada kerang hijau.

Di sisi lain kerang hijau memiliki fungsi sebagai filter fedder yang mampu menjernihkan air laut dengan menyerap partikel-partikel logam berat yang ada di kolom air laut. Maka dari itu pihak Manajemen PT. Jaya Ancol melakukan restorasi kerang hijau di laut sekitar Ancol dengan menyebar ribuan kilogram kulit kerang. Kegiatan tersebut dimulai sejak tahun 2018. Dari hasil restorasi tersebut mampu meningkatan biodeversitas di laut Ancol.

#JEJEAKKASUS #BahayaKerangHijau #KerangHijau



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x