Kompas TV nasional berita kompas tv

Mengerikan, Ketika Pesisir Pantai Berubah Jadi Pulau Sampah

Kompas.tv - 12 November 2019, 17:06 WIB
Penulis : Reny Mardika

Pulau dari sampah plastik, terbentuk di sepanjang pesisir pantai utara, kabupaten Tangerang, muara sungai Cisadane. Limbah plastik, yang telah terbentuk sejak puluhan tahun silam ini, semakin mengkhawatirkan karena berdampak pada aliran sungai Cisadane. Sampah plastik yang berserakan, menjadi momok bagi warga desa tanjung burung, kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang.

Keadaan ini sudah terjadi puluhan tahun silam, dan ironisnya lagi, air sungai Cisadane yang seharusnya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, kini sudah menghitam.
Menurut warga, pesisir pulau tertimbun, hingga terbentuk seperti tanah padat, menjadi pulau sampah, dengan panjang tiga kilometer, lebar mencapai dua ratusan meter, serta kedalaman hingga 5 meter.

Sampah plastik ini berasal dari hasil pembuangan rumah tangga, perkantoran, pemerintahan, hotel, rumah sakit, bahkan Bandara Soekarno Hatta. Warga pesisir pantai Tangerang Utara, pun mengaku tidak bisa berbuat banyak atas tercemarnya hilir sungai cisadane.

Selain itu, saat musim hujan tiba, bencana banjir akibat luapan sungai cisadane selalu terjadi. Untuk itu, diperlukan tindakan nyata pemerintah, agar budaya menggunakan dan membuang sampah plastik sekali pakai bisa dihindari.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x