HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / berita kompas tv

Jamur Tiram, Makanan Sehat Pengganti Daging

Selasa, 12 November 2019 | 16:57 WIB

D'papua Jamur Tiram yang terletak di jalan walet kelurahan Malasom, Distrik Aimas kabupaten Sorong Papua Barat ini, merupakan tempat budidaya jamur tiram yang dikelola langsung oleh masyarakat asli Papua, dan kali ini saya berkesempatan untuk melihat secara langsung tahapan atau proses dalam membudidayakan jamur tiram.

Pak Franki pemilik usaha budidaya jamur tiram ini berkenan untuk mengajak saya melihat tahapan-tahap pengerjaan budidaya jamur tiram. Untuk tahapan pertama yang dilakukan, saya bersama pak Franki mengolah pupuk dari jamur tiram dengan mengambil serbuk kayu yang telah di fermentasi selama sembilan hari, kebetulan serbuk kayu yang di ambiil berasal dari buangan pengrajin kayu furniture yang tidak jauh dari lokasi budidaya jamur.

Kemudian serbuk kayu ini di campuri dengan bekatul atau dedak, kalsium dan air secukupnya, lalu dicampur menjadi satu dalam mesin penggiling, hingga beberapa bahan tadi tercampur dengan rata. Setelah tercampur rata kemudian di masukan ke dalam baglog, baglog jamur merupakan kantung sebagai media penampung berbagai bahan olahan jamur yang nantinya sebagai tempat tumbuhnya jamur tiram. Setelah itu di pres menggunakan alat,dan di strelisasi ditungku api dengan kepanasan yang diseusaikan.

Langkah selanjutnya, kemudian di masukan bibit dari jamur tiram sebanyak 2 sendok makan kedalam baglog yang sudah di sterilkan tadi. Lalu kita tinggal menunggu sekitar 60 hari, hingga jamur tiram mulai tumbuh dan siap dipanen.

#CeritaNusantara #BeritaDaerah

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
10:34
SEBANYAK 66.000 WARGA FILIPINA MENGUNGSI AKIBAT TOPAN KAMMURI   BERGABUNG DENGAN BORDEAUX, LAURENT KOSCIELNY MENGAKU HENGKANG DARI ARSENAL KARENA TIDAK BAHAGIA   KAPOLDA JAWA BARAT IRJEN RUDY SUFAHRIADI KUKUHKAN PENINGKATAN TIPELOGI POLRES BANDUNG MENJADI POLRESTA   KPK SEBUT PEMERINTAH AKAN MENGUNCI SISTEM LAYANAN JIKA WAJIB PAJAK TERBUKTI MENUNGGAK   KETUA DPP PDI-P DJAROT SAIFUL HIDAYAT SEBUT PELUANG GIBRAN RAKABUMING RAKA MENJADI CAWALKOT SOLO MASIH TERBUKA   DINKES DKI JAKARTA AJUKAN ANGGARAN RP 151 MILIAR UNTUK REVITALISASI 19 PUSKESMAS   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KUNCI PEMBERANTASAN KORUPSI ADALAH PENYEDERHANAAN BIROKRASI   PEMERINTAH SIGI, SULAWESI TENGAH, MENCATAT TERDAPAT 3.591 ANAK BALITA YANG MENGALAMI “STUNTING”   PERINGATI HARI ANTIKORUPSI SEDUNIA, PRESIDEN JOKOWI AKAN MENYAKSIKAN PENTAS PRESTASI TANPA KORUPSI DI SMKN 57   PAGI INI, WAPRES MA'RUF AMIN MENYAMBANGI GEDUNG KPK DALAM RANGKA HARI ANTIKORPUSI SEDUNIA   KETUA KOMISI VI DPR FAISOL RIZA DUKUNG MENTERI BUMN ERICK THOHIR YANG LARANG BUMN BAGI-BAGI SUVENIR DALAM RUPS   MENKEU SRI MULYANI INGATKAN JAJARANNYA UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT TANPA KORUPSI   PENYIDIK KPK NOVEL BASWEDAN BERHARAP KABARESKRIM POLRI BERANI MENGUNGKAP PELAKU DI BALIK KASUSNYA   FADJROEL RACHMAN SEBUT KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS AKAN DIMINTAI PENJELASAN SOAL KASUS NOVEL BASWEDAN