Kompas TV nasional berita kompas tv

Jamur Tiram, Makanan Sehat Pengganti Daging

Selasa, 12 November 2019 | 16:57 WIB

D'papua Jamur Tiram yang terletak di jalan walet kelurahan Malasom, Distrik Aimas kabupaten Sorong Papua Barat ini, merupakan tempat budidaya jamur tiram yang dikelola langsung oleh masyarakat asli Papua, dan kali ini saya berkesempatan untuk melihat secara langsung tahapan atau proses dalam membudidayakan jamur tiram.

Pak Franki pemilik usaha budidaya jamur tiram ini berkenan untuk mengajak saya melihat tahapan-tahap pengerjaan budidaya jamur tiram. Untuk tahapan pertama yang dilakukan, saya bersama pak Franki mengolah pupuk dari jamur tiram dengan mengambil serbuk kayu yang telah di fermentasi selama sembilan hari, kebetulan serbuk kayu yang di ambiil berasal dari buangan pengrajin kayu furniture yang tidak jauh dari lokasi budidaya jamur.

Kemudian serbuk kayu ini di campuri dengan bekatul atau dedak, kalsium dan air secukupnya, lalu dicampur menjadi satu dalam mesin penggiling, hingga beberapa bahan tadi tercampur dengan rata. Setelah tercampur rata kemudian di masukan ke dalam baglog, baglog jamur merupakan kantung sebagai media penampung berbagai bahan olahan jamur yang nantinya sebagai tempat tumbuhnya jamur tiram. Setelah itu di pres menggunakan alat,dan di strelisasi ditungku api dengan kepanasan yang diseusaikan.

Langkah selanjutnya, kemudian di masukan bibit dari jamur tiram sebanyak 2 sendok makan kedalam baglog yang sudah di sterilkan tadi. Lalu kita tinggal menunggu sekitar 60 hari, hingga jamur tiram mulai tumbuh dan siap dipanen.

#CeritaNusantara #BeritaDaerah

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:28
ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19, SATGAS BEKASI TAMBAH 250 UNIT KAMAR ISOLASI TERPUSAT   KEMENTERIAN PPPA: INDONESIA MASUK KE DALAM DAFTAR 10 NEGARA DENGAN ANGKA PERKAWINAN ANAK TERTINGGI DI DUNIA   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKOT TANGERANG BATASI HAJATAN HINGGA JAM OPERASIONAL RESTORAN   MENKO DAN UKM TETEN MASDUKI: PEMBIAYAAN KREDIT PERBANKAN UMKM DI INDONESIA BARU MENCAPAI 19,97 PERSEN   MENPERIN: PEMERINTAH AKAN PERPANJANG "SAFEGUARD" UBIN KERAMIK YANG MASA BERLAKUNYA AKAN SELESAI OKTOBER 2021   KLHK AJAK SEMUA PIHAK LAKUKAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM MULAI DARI LINGKUNGAN RUMAH MELALUI PROGRAM KAMPUNG IKLIM   KEMENKOMINFO DORONG OPERATOR SELULER UJI COBA LAYANAN 5G   KEMENKOMINFO UPAYAKAN PEMANFAATAN 5G DI INDONESIA DIUTAMAKAN DIISI OLEH PEMAIN DALAM NEGERI   SEKJEN KEMENKES: PENYANDANG DISABILITAS MERUPAKAN SALAH SATU PRIORITAS UTAMA PENERIMA VAKSINASI COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA PEMERINTAH PUSAT TIADAKAN LIBUR PANJANG IDUL ADHA 2021   GUBERNUR GANJAR PRANOWO SEBUT JAWA TENGAH KRISIS TENAGA KESEHATAN AKIBAT LONJAKAN KASUS COVID-19   GUBERNUR DKI: PAJAK YANG DIRAUP PEMPROV DKI DIGUNAKAN UNTUK LINDUNGI SETIAP WARGA DARI PENYEBARAN COVID-19    JUBIR SATGAS COVID-19: JANGAN AMBIL RISIKO, TAK BOLEH LALAI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN    SATGAS COVID-19: VAKSIN COVID SINOVAC, ASTRAZENECA, & SINOPHARM SUDAH MENDAPATKAN IZIN PEMAKAIAN DARI WHO