HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Bangkai Babi Mengambang di Danau Siombak, Waspada Virus!

Sabtu, 9 November 2019 | 13:20 WIB

Sudah hampir sepekan terakhir, puluhan ekor bangkai babi ditemukan mengambang di Danau Siombak, Medan, Sumatera Utara.


Bau busuk yang semakin menyengat membuat warga sempat bergerak untuk untuk menjauhkan bangkai babi dari permukiman warga. Keberadaan bangkai hewan ternak ini juga memmbuat warga untuk sementara menghentikan kegiatan mereka mencari ikan.

Banyaknya laporan warga di sekitar danau siombak yang mengeluhkan bau busuk, membuat pemimpin kecamatan medan merelan beserta Dinas Kesehatan kota Medan, meninjau ke lokasi, dengan menggunakan perahu warga, Rabu siang.

Selagi dinas setempat bergerak menyingkirkan bangkai hewan ternak ini, warga diminta untuk tidak menggunakan air danau untuk kebutuhan sehari-hari. Menanggapi maraknya bangkai hewan ternak yang dibuang sungai dan danau, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pertimbangkan untuk menerbitkan peraturan gubernur terkait pembuangan limbah termasuk bangkai hewan.

Sebelumnya, sebanyak 300 ekor ternak babi mati mendadak di kabupaten Karo, Sumatera Utara, diduga terkena virus babi, atau hog kolera. Tingginya angka kematian babi, membuat dinas pertanian dan peternakan mengadakan melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan, di kandang-kandang hewan ternak untuk mencegah penularan virus.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:52
JUMLAH KASUS KORONA DI ARMENIA: 9.492 POSITIF, 3.402 SEMBUH, 139 MENINGGAL DUNIA   PM ARMENIA NIKOL PASHINYAN MENYATAKAN DIA BERSAMA DENGAN KELUARGANYA POSITIF TERINFEKSI KORONA   ANGGOTA POLSEK DAHA SELATAN, KALSEL, BRIGADIR LEONARDO LATUPA YANG DISERANG KELOMPOK TERORIS NAIK PANGKAT   KEMENDAG: PENGUNJUNG PASAR DAN TOKO SWALAYAN DIBATASI MAKSIMAL 40% SAAT PENERAPAN TATANAN NORMAL BARU   JUMLAH PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN DIBATASI 35% SAAT KENORMALAN BARU DITERAPKAN   KEMENDAG: PENGELOLA PUSAT PERBELANJAAN WAJIB TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN YANG KETAT SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL""   PSBB DI KOTA TANGERANG SELATAN DIPERPANJANG HINGGA 14 JUNI 2020   DITANGKAP KARENA GANJA, ARTIS PERAN DWI SASONO AJUKAN ASESMEN REHABILITASI   KABID HUMAS POLDA METRO JAYA: ARTIS PERAN DWI SASONO RUTIN KONSUMSI GANJA SELAMA BERADA DIRUMAH   HINGGA 1 JUNI 2020, DINKES DKI JAKARTA UJI 152.436 SPESIMEN DENGAN METODE PCR   HINGGA AKHIR MEI 2020, KEMENPERIN TERBITKAN SEKITAR 17.000 IZIN OPERASIONAL MOBILITAS DAN KEGIATAN INDUSTRI (IOMKI)   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO INGATKAN ASN BERADAPTASI DENGAN SISTEM KERJA BARU SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS AJAK MASYARAKAT TINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN DALAM PENERAPAN "NEW NORMAL"   YLBHI MINTA TNI TAK DILIBATKAN DALAM KENORMALAN BARU KARENA BERTENTANGAN DENGAN REFORMASI DAN TAP MPR