HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Septic Tank Jatinegara Meledak Karena Percikan Api

Kamis, 7 November 2019 | 17:22 WIB

Sebuah ledakan hebat menjebol tutup septic tank dan menghantam petugas penyedot tinja yang baru saja selesai bekerja di rumah warga Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (5/11/2019).

Ledakan tinggi itu memorak-porandakan bangunan septic tank. Tak ayal, seorang petugas penyedot tinja itu pun tewas seketika di tkp (tempat kejadian perkara). Satu rekannya ikut terluka kesakitan.

“Ledakannya terdengar keras,” kata Anto, Ketua RT setempat, yang ditemui Kompas TV di dekat tkp.

Menurut Tri Widianto, Pengurus Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (Indonesian Society of sanitary and Environment Angineers), terjadinya ledakan itu karena adanya akumulasi gas metana (CH4) dalam septic tank yang terpicu oleh percikan api.

Api berasal dari koran yang dibakar petugas sebagai penerang mengecek pekerjaan di dalam septic tank telah selesai.

Harusnya, lanjut Tri, gas metana tersebut terlepas ke udara secara baik.

Oleh karenanya diperlukan pipa ventilasi yang besar dan tinggi dengan ukuran ideal sesuai dengan besarnya septic tank.

“Karena gas metannya tidak terbuang secara baik, bahkan terakumulasi, maka jika ada percikan api, gas tersebut akan terbakar dan berakibat meledak,” tutur Tri, saat dihubungi Kompas TV.

Hal itu diperkuat dengan hasil penyelidikan sementara tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Menurut Kepala Tim Puslabfor Mabes Polri, Kompol Faisal, pesoalannya karena api dari koran yang dibakar dimasukan ke dalam septic tank.

“Ini (api) yang nggak boleh didekatkan atau dimasukin ke dalam septic tank,” ujar Faisal, usai olah tkp, Rabu (6/11/2019). (DMB)

Editor : Deni Muliya



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
00:02
KETUA YLBHI ASFINAWATI MINTA KETENTUAN HUKUMAN MATI TAK DIATUR DALAM RKUHP   MENTERI PUPR TARGETKAN TOL CILEUNYI-SUMEDANG-DAWUAN (CISUMDAWU) BEROPERASI SEPTEMBER 2021   KEMENKEU TETAPKAN SIMPLIFIKASI STRUKTUR TARIF CUKAI HASIL TEMBAKAU SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI REFORMASI FISKAL   PT KAI MENYATAKAN KERETA API ARGO PARAHYANGAN DENGAN RUTE JAKARTA-BANDUNG BELUM BEROPERASI AKIBAT SIKM   PT KAI MINTA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN MERELAKSASI ATURAN WAJIB DOKUMEN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM)   MULAI 10 JULI 2020, PT KAI TAMBAH PERJALANAN KERETA API JARAK JAUH DARI DAN MENUJU JAKARTA   KEMENKES TETAPKAN BATAS HARGA TERTINGGI "RAPID TEST" UNTUK MENDETEKSI KORONA SEBESAR RP 150.000   ANGKA KESEMBUHAN KORONA 100 PERSEN, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI KLAIM KOTA BEKASI SUDAH ZONA HIJAU   GUGUS TUGAS PENANGANAN COVID-19: 120 PASIEN POSITIF KORONA DI KALIMANTAN SELATAN SEMBUH DALAM SEHARI   SELAMA PSBB TRANSISI, DISPAREKRAF DKI IMBAU TIM PRODUKSI FILM BATASI JUMLAH AKTOR & AKTRIS DALAM SATU ADEGAN   PEMPROV DKI MELARANG ANAK DI BAWAH 9 TAHUN DAN LANSIA NONTON DI BIOSKOP SAAT MASA PSBB TRANSISI   BIOSKOP SELURUH INDONESIA SERENTAK BEROPERASI PADA RABU, 29 JULI 2020   PEMPROV BALI MELAKUKAN "SWAB TEST" KEPADA 34.974 ORANG, 1.940 DIANTARANYA POSITIF KORONA   KETUA KOMISI III DPR HERMAN HERY INGATKAN KPK TERUS MENGAWASI PENGGUNAAN DANA PENANGANAN KORONA