HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Puslabfor Mabes Polri Olah TKP Ledakan Septic Tank

Rabu, 6 November 2019 | 20:00 WIB

Tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri bergerak cepat menuju tempat ledakan septic tank yang berada di permukiman warga Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Begitu sampai, tim yang dikomandani Komisaris Polisi Faisal itu langsung menggelar olah tkp (tempat kejadian perkara).

Olah tkp dilakukan guna mengetahui secara pasti penyebab terjadinya ledakan septic tank pada Selasa (5/11/2019).

Menurut Faisal, dari olak tkp itu timnya mengambil sampel berupa air limbah septic tank sebanyak dua dirigen dan sampel gasnya.

Sampel tersebut akan diperiksa lebih lanjut untuk mengungkap penyebab ledakan itu.

Dari penyelidikan sementara, lanjut Faisal, ledakan terjadi akibat akumulasi gas dalam septic tank seperti gas metana dan karbondioksida yang terpicu oleh percikan api.

Faisal menjelaskan, pengecekan dalam septic tank menggunakan api sebagai penerang sangat dilarang.

“Pesoalannya diduga kuat karena api dari koran yang dibakar dimasukin ke septic tank. Ini yang nggak boleh api didekatkan atau dimasukin ke septic tank,” ujar Faisal, usai olah tkp, Rabu (6/11/2019).

Oleh karena itulah, lanjut Faisal, dari kejadian ini perlu diadakan penyuluhan terhadap operator penyedot tinja agar peristiwa seperti ini tak terulang lagi.

“Setelah ini kami akan mengadakan sosialisasi di polsek-polsek bagi para operator penyedot tinja agar tidak terulang lagi kasus ledakan seperti ini,” imbuh Faisal. (DMB)

Editor : Deni Muliya



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

KOMPAS BISNIS

Harga Emas Semakin Berkilau

Selasa, 7 Juli 2020 | 22:19 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:40
KEMENKOP UKM MINTA PARA UMKM DI SEKTOR PERTANIAN BISA MEMANFAATKAN RUANG DIGITALISASI ATAU GO DIGITAL   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN JARAK JAUH BISA DITERAPKAN PERMANEN SETELAH PANDEMI KORONA SELESAI   MENKEU SRI MULYANI SEBUT PENYALURAN PROGRAM KREDIT MODAL KERJA UNTUK UMKM BISA MENCAPAI RP 100 TRILIUN   MENAKER IDA FAUZIYAH AKAN MEMBANGUN DUA BALAI LATIHAN KERJA UNTUK KOMUNITAS PERFILMAN   TOLAK RUU HIP, SEJUMLAH MAHASISWA DARI BERBAGAI UNIVERSITAS GELAR UNJUK RASA DI DEPAN ISTANA KEPRESIDENAN BOGOR   BARESKRIM POLRI TANGKAP TERSANGKA PERETAS 1.309 SITUS PEMERINTAH DAN SWASTA DI SLEMAN, YOGYAKARTA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT PENDANAAN MERUPAKAN KENDALA UTAMA PEMBANGUNAN TOL TRANS-SUMATERA    TIONGKOK TARIK PASUKAN DARI PERBATASAN INDIA SETELAH SEMPAT TERJADI BENTROKAN MILITER KEDUA NEGARA   HAMPIR 1,2 JUTA ORANG DI WILAYAH SELATAN KYUSHU, JEPANG, DIMINTA EVAKUASI MANDIRI AKIBAT HUJAN LEBAT   PENYELENGGARA PIALA DUNIA 2022 AKAN BERHENTIKAN SEJUMLAH KARYAWAN DI TENGAH KRISIS EKONOMI AKIBAT PANDEMI   POLISI PERIKSA 7 SAKSI TERKAIT KASUS PEMBONGKARAN PAKSA PETI JENAZAH PASIEN KORONA OLEH WARGA DI JENEPONTO, SULSEL   PEMERINTAH MENYATAKAN AKAN FOKUS KE PROVINSI YANG ALAMI PENINGKATAN ANGKA POSITIF KORONA   SEBANYAK 11 TENAGA MEDIS DI BANTAENG, SULSEL, POSITIF KORONA DIDUGA TERTULAR SAAT MERAWAT PASIEN   KOMNAS PEREMPUAN: PEMERINTAH LEBIH KEDEPANKAN ASPEK EKONOMI DIBANDING PERSPEKTIF HAM DALAM PENANGANAN KORONA