Kompas TV nasional berita kompas tv

Puslabfor Mabes Polri Olah TKP Ledakan Septic Tank

Kompas.tv - 6 November 2019, 20:00 WIB
Penulis : Deni Muliya

Tim Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri bergerak cepat menuju tempat ledakan septic tank yang berada di permukiman warga Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Begitu sampai, tim yang dikomandani Komisaris Polisi Faisal itu langsung menggelar olah tkp (tempat kejadian perkara).

Olah tkp dilakukan guna mengetahui secara pasti penyebab terjadinya ledakan septic tank pada Selasa (5/11/2019).

Menurut Faisal, dari olak tkp itu timnya mengambil sampel berupa air limbah septic tank sebanyak dua dirigen dan sampel gasnya.

Sampel tersebut akan diperiksa lebih lanjut untuk mengungkap penyebab ledakan itu.

Dari penyelidikan sementara, lanjut Faisal, ledakan terjadi akibat akumulasi gas dalam septic tank seperti gas metana dan karbondioksida yang terpicu oleh percikan api.

Faisal menjelaskan, pengecekan dalam septic tank menggunakan api sebagai penerang sangat dilarang.

“Pesoalannya diduga kuat karena api dari koran yang dibakar dimasukin ke septic tank. Ini yang nggak boleh api didekatkan atau dimasukin ke septic tank,” ujar Faisal, usai olah tkp, Rabu (6/11/2019).

Oleh karena itulah, lanjut Faisal, dari kejadian ini perlu diadakan penyuluhan terhadap operator penyedot tinja agar peristiwa seperti ini tak terulang lagi.

“Setelah ini kami akan mengadakan sosialisasi di polsek-polsek bagi para operator penyedot tinja agar tidak terulang lagi kasus ledakan seperti ini,” imbuh Faisal. (DMB)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x