Kompas TV nasional sapa indonesia

Di Bantul, Warga Berinvestasi Emas Melalui Sampah

Kompas.tv - 5 November 2019, 17:00 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Idham Saputra

Melalui kegiatan Badan Usaha Milik Desa tempat pengolahan sampah di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta, produksi sampah rumah tangga di desa ini tertangani dengan baik dan mampu meningkatkan dana pemasukan untuk desa.

Namun demikian, untuk lebih menggiatkan kegiatan pengolahan sampah dan edukasi kepada masyarakat, kini pemerintah Desa Panggungharjo sedang menggalakkan program memilah sampah menabung emas.

Program ini dirancang untuk menarik minat masyarakat agar lebih giat melakukan pemilahan sampah di rumah tangganya masing-masing untuk kemudian disetor ke bank-bank sampah yang sudah dibentuk di setiap RT. Jika biasanya warga masyarakat menabung sampah akan mendapat rupiah, namun dengan program ini mereka akan mendapatkan tabungan berupa emas di pegadaian sebagai barang investasi di masa mendatang.

Banyak warga yang antusias dengan adanya inovasi program ini. Mereka bisa turut menjaga kebersihan di lingkungan mereka. Program yang sudah ada di tahun 2019 ini, kini anggotanya sudah hampir 400 orang dan di setiap bulannya warga bisa mendapatkan penghasilan rata-rata 20 hingga 50 ribu rupiah dari penjualan sampah rumah tangga.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x