Kompas TV nasional berita kompas tv

Hakim Vonis Bebas Sofyan Basir, Apa Kata KPK?

Senin, 4 November 2019 | 15:39 WIB

Mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir divonis bebas dari kasus tindak pidana korupsi pada proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Riau-1.

Ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Jakarta Pusat, Hariono menyatakan dalam putusannya bahwa terdakwa (Sofyan Basir) tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana dakwaan pertama dan kedua.

“Memerintahkan saudara Sofyan Basir untuk segera dibebaskan," ujar Hariono, di akhir-akhir pembacaan putusan kasus proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Riau-1, Senin (4/11/2019).

Atas vonis bebas itu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif mengungkapkan bahwa KPK segera melakukan diskusi internal setelah memperoleh laporan dari Jaksa Penuntut Umum KPK.

Meskipun belum menentukan sikap terkait putusan bebas tersebut, namun Laode menyatakan akan tetap berupaya membuktikan peran Sofyan Basir dalam kasus korupsi PLTU Riau-1 itu.

“Jaksa KPK akan laporkan kepada kami, baru kami diskusikan secara internal. Saya belum bisa mendahului tapi kami akan berusahan semaksimal mungkin untuk tetap membuktikan kasusnya,” tutur Laode, di kantor KPK, Jakarta.

Lagi pula, Laode menambahkan, untuk tingkat banding ke Pengadilan Tinggi (PT) masih ada waktu beberapa hari ke depan.

“Di tingkat pertama ini, yang pertama, akan dipelajari lebih detil untuk tentukan sikap,” kata Laode. (DMB)

Penulis : Deni Muliya | Editor : Idham Saputra


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:43
PEMIMPIN MAYORITAS SENAT AS DARI PARTAI DEMOKRAT SCHUMER: SIDANG PEMAKZULAN DONALD TRUMP DIMULAI 8 FEBRUARI 2021   IRAN MEMINTA JOE BIDEN CABUT SANKSI YANG DITERAPKAN DONALD TRUMP UNTUK MENYELAMATKAN KESEPAKATAN NUKLIR 2015   SENAT AMERIKA SERIKAT TUNDA SIDANG PEMAKZULAN MANTAN PRESIDEN DONALD TRUMP SELAMA DUA PEKAN KE DEPAN   HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM PADA 23 JANUARI 2021 TURUN RP 4.000 MENJADI RP 957.000 PER GRAM   PT BIO FARMA MEMPREDIKSI 4 JUTA DOSIS VAKSIN COVID-19 SIAP DIDISTRIBUSIKAN PADA FEBRUARI 2021   KEMENKES: HINGGA SAAT INI SUDAH LEBIH DARI 132.000 TENAGA KESEHATAN YANG DISUNTIK VAKSIN COVID-19   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 545 LIANG LAHAT DARI TOTAL KAPASITAS 556 UNIT TPU SRENGSENG SAWAH SUDAH TERPAKAI   POSITIF COVID-19, DONI MONARDO MENGIMBAU MASYARAKAT TETAP WASPADA DAN DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA   PEMPROV DKI TENGAH MENYIAPKAN SEJUMLAH CARA UNTUK MENGATASI KRISIS LAHAN PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   WAGUB DKI RIZA PATRIA: PERMASALAHAN KRISIS LAHAN PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19 BUKAN HANYA TERJADI DI JAKARTA   TIM DVI RS POLRI: DARI 49 KORBAN YANG TERIDENTIFIKASI, 40 JENAZAH DI ANTARANYA TELAH DISERAHKAN KEPADA PIHAK KELUARGA   HINGGA 22 JANUARI 2021, TIM DVI RS POLRI TELAH MENGIDENTIFIKASI 49 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   PTPN LAPORKAN RIZIEQ SHIHAB KE BARESKRIM POLRI SOAL PENGGUNAAN LAHAN TANPA IZIN PONDOK PESANTREN DI MEGAMENDUNG