Kompas TV nasional berita kompas tv

Mantan Dirut PLN Sofyan Basir Divonis Bebas

Senin, 4 November 2019 | 14:59 WIB

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor (Tindak Pidana Korlupsi) Jakarta Pusat, Hariono membacakan putusan perkara mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir.

"Menyatakan terdakwa (Sofyan Basir) tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana dakwaan pertama dan kedua. Memerintahkan saudara Sofyan Basir untuk segera dibebaskan," ujar Hariono, di akhir-akhir pembacaan putusan kasus proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Riau-1, itu.

Dalam pertimbangannya, Hariono membacakan majelis hakim berkesimpulan Sofyan Basir tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana seperti yang didakwakan jaksa penuntut umum.

Sebelumnya pada Senin (7/10) lalu, Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Sofyan dengan hukuman lima tahun penjara dan denda Rp200 juta.

Sofyan didakwa mengetahui rencana pemberian uang kepada Partai Golkar. Uang ini berasal dari pengusaha Johannes Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1.

Mendengar vonis majelis hakim tersebut, wajah Sofyan berubah sumringah. Mantan bankir ini tampak bahagia dan bersyukur.

“Alhamdulillah, Allahu Akbar. Semua pihak membantu. Saya bersyukur, Allah kasih yang terbaik buat saya, hari ini bebas. Saya bersyukur kepada pemerintah. Kita bisa mulai kerja. Bebas di luar. Bisa berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” kata Sofyan kepada awak media, Senin (4/11/2019).

“Terima kasih kepada seluruh kawan-kawan wartawan yang mengikuti dari awal sampai akhir. Kepada semua pihak yang sampai proses ini berakhir dengan baik dan bebas. Soal kpk, saya tidak mau bicara dulu. Biar pengacara saya saja yang bicara itu,” ungkap Sofyan, usai persidangan.

Penulis : Deni Muliya


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:55
PEMIMPIN MAYORITAS SENAT AS DARI PARTAI DEMOKRAT SCHUMER: SIDANG PEMAKZULAN DONALD TRUMP DIMULAI 8 FEBRUARI 2021    IRAN MEMINTA JOE BIDEN CABUT SANKSI YANG DITERAPKAN DONALD TRUMP UNTUK MENYELAMATKAN KESEPAKATAN NUKLIR 2015   SENAT AMERIKA SERIKAT MENUNDA SIDANG PEMAKZULAN MANTAN PRESIDEN DONALD TRUMP SELAMA DUA PEKAN KE DEPAN   HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM PADA 23 JANUARI 2021 TURUN RP 4.000 MENJADI RP 957.000 PER GRAM    ANGGOTA KOMISI IX DPR NETTY PRASETIYANI: PENYEBARAN COVID-19 SULIT DITEKAN HANYA DENGAN KEBIJAKAN PPKM JAWA-BALI   KEMENKES: HINGGA SAAT INI SUDAH LEBIH DARI 132.000 TENAGA KESEHATAN YANG DISUNTIK VAKSIN COVID-19   SATGAS COVID-19: HINGGA SAAT INI, 545 LIANG LAHAT DARI TOTAL KAPASITAS 556 UNIT TPU SRENGSENG SAWAH SUDAH TERPAKAI   POSITIF COVID-19, DONI MONARDO MENGIMBAU MASYARAKAT TETAP WASPADA DAN DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 TANPA GEJALA   PEMPROV DKI TENGAH MENYIAPKAN SEJUMLAH CARA UNTUK MENGATASI KRISIS LAHAN PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   WAGUB DKI RIZA PATRIA: PERMASALAHAN KRISIS LAHAN PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19 BUKAN HANYA TERJADI DI JAKARTA    TIM DVI RS POLRI: DARI 49 KORBAN YANG TERIDENTIFIKASI, 40 JENAZAH DI ANTARANYA TELAH DISERAHKAN KEPADA PIHAK KELUARGA    HINGGA 22 JANUARI 2021, TIM DVI RS POLRI TELAH MENGIDENTIFIKASI 49 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   PTPN LAPORKAN RIZIEQ SHIHAB KE BARESKRIM POLRI SOAL PENGGUNAAN LAHAN TANPA IZIN PONDOK PESANTREN DI MEGAMENDUNG