Kompas TV nasional aiman

Main Gim Online Ekstrim Berujung Gangguan Jiwa | Tersulut Gawai, Terganggu Jiwa AIMAN (4)

Jumat, 1 November 2019 | 22:00 WIB

Seiring perkembangan zaman, keberadaan gawai seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rasa canggung dan “mati gaya” pun menghinggap, jika tangan tidak menggengam gawai. Ini karena gawai telah menjadi kebutuhan. Berguna untuk membantu pekerjaan, hingga mencari hiburan. Namun, kehadirannya memunculkan efek candu. Candunya bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Awal bulan ini, masyarakat dikejutkan dengan fakta Rumah Sakit Jiwa ternyata telah menangani ratusan anak pecandu gadget. Fenomena baru ini muncul sejak masifnya kehadiran gimonlinedan media sosial di perangkat telepon pintar (smartphone). Rata-rata dalam sebulan, rumah sakit jiwa menerima dua hingga puluhan pasien pecandu gawai berusia anak dan remaja. Jumlahnya terus meningkat. Tiap hari ada saja pasien yang yang dating berobat akibat kecanduan gawai. Bagaimana ini bisa terjadi?

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono mendatangi salah satu Rumah Sakit Jiwa yang menangani pasien candu gawai terbanyak, yaitu RSJ Cisarua di Jawa Barat. Aiman akan melihat bagaimana penanganan pasien pecandu gawai dan berbincang dengan dokter ahli kejiwaan untuk mengetahui bagaimana ciri anak penderita gangguan kejiwaan akibat candu gawai dan bagaimana pencegahannya.

#AIMAN #GangguanJiwa #Gadget

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:44
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   KOMISI EROPA SEDIAKAN RP 3,52 TRILIUN UNTUK PINDAHKAN PASIEN KORONA KE NEGARA ANGGOTA LAINNYA GUNA DAPAT PERAWATAN   PRESIDEN KOMISI EROPA URSULA VON DER LEYEN: SISTEM PERAWATAN KESEHATAN DI EROPA TERANCAM KEWALAHAN HADAPI PANDEMI   WHO SEBUT SEPANJANG PEKAN LALU LEBIH DARI 1,3 JUTA KASUS KORONA TERJADI DI EROPA   SEBANYAK 37 PEKERJA PT PCI KOTA BATAM, KEPULAUAN RIAU, DINYATAKAN SEMBUH DARI KORONA   TIDAK ADA KORBAN JIWA DALAM PERISTIWA TERBAKARNYA 150 RUMAH DI JALAN PATMARAGA, KOTABARU, KALSEL   BPBD KOTABARU, KALSEL: 505 JIWA MENGUNGSI AKIBAT 150 RUMAH DI JALAN PATMARAGA HANGUS TERBAKAR   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI BALI: 11.712 POSITIF, 10.561 SEMBUH, 385 MENINGGAL DUNIA   SATGAS COVID-19 BALI: TINGKAT KESEMBUHAN PASIEN KORONA DI BALI MENCAPAI 90,71%   PEMPROV BALI LIBATKAN SATGAS DESA ADAT DAN PECALANG PANTAU OBYEK WISATA SAAT LIBUR PANJANG   PT KAI: PENJUALAN TIKET KERETA ARUS BALIK LIBUR PANJANG MENCAPAI 35.000 ATAU 72% DARI JUMLAH TIKET YANG DISEDIAKAN   PT ANGKASA PURA I MENCATAT TRAFIK PENUMPANG 103.506 ORANG DI 15 BANDARA PADA 28 OKTOBER 2020   KADISHUB DKI SYAFRIN LIPUTO IMBAU PESEPEDA TAK BAWA BARANG BERHARGA SAAT BERSEPEDA GUNA CEGAH PEMBEGALAN   KEMENTERIAN PPPA: SAAT INI ADA 80 JUTA ANAK DI INDONESIA YANG RENTAN MENJADI TARGET INDUSTRI ROKOK