Kompas TV nasional aiman

Main Gim Online Ekstrim Berujung Gangguan Jiwa | Tersulut Gawai, Terganggu Jiwa AIMAN (4)

Jumat, 1 November 2019 | 22:00 WIB

Seiring perkembangan zaman, keberadaan gawai seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rasa canggung dan “mati gaya” pun menghinggap, jika tangan tidak menggengam gawai. Ini karena gawai telah menjadi kebutuhan. Berguna untuk membantu pekerjaan, hingga mencari hiburan. Namun, kehadirannya memunculkan efek candu. Candunya bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Awal bulan ini, masyarakat dikejutkan dengan fakta Rumah Sakit Jiwa ternyata telah menangani ratusan anak pecandu gadget. Fenomena baru ini muncul sejak masifnya kehadiran gimonlinedan media sosial di perangkat telepon pintar (smartphone). Rata-rata dalam sebulan, rumah sakit jiwa menerima dua hingga puluhan pasien pecandu gawai berusia anak dan remaja. Jumlahnya terus meningkat. Tiap hari ada saja pasien yang yang dating berobat akibat kecanduan gawai. Bagaimana ini bisa terjadi?

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono mendatangi salah satu Rumah Sakit Jiwa yang menangani pasien candu gawai terbanyak, yaitu RSJ Cisarua di Jawa Barat. Aiman akan melihat bagaimana penanganan pasien pecandu gawai dan berbincang dengan dokter ahli kejiwaan untuk mengetahui bagaimana ciri anak penderita gangguan kejiwaan akibat candu gawai dan bagaimana pencegahannya.

#AIMAN #GangguanJiwa #Gadget

Editor : Novian Zainul Arifin



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:06
BMKG MEMPREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH JABODETABEK AKAN HUJAN DENGAN INTENSITAS SEDANG HARI INI   PT PLN SIAP GANTIKAN PLTD YANG SUDAH BERUSIA DI ATAS 15 TAHUN DENGAN PEMBANGKIT LISTRIK BERBASISKAN EBT   POLISI AKAN SELIDIKI DUGAAN KORUPSI ANGGARAN BANTUAN SOSIAL COVID-19 DI BULUKUMBA, SULAWESI SELATAN   WAKIL KETUA KOMISI IV DPR DEDI MULYADI USULKAN AGAR SEKTOR INDUSTRI YANG MERUSAK LINGKUNGAN LANGSUNG DIDENDA   PROGRAM KARTU PRAKERJA GELOMBANG 5 AKAN DIBUKA PADA SABTU, 15 AGUSTUS 2020, PUKUL 12.00 WIB   JUMLAH PENDAFTAR KARTU PRAKERJA GELOMBANG 4 TELAH MENCAPAI 1,2 JUTA ORANG HINGGA SAAT INI    WAPRES MA’RUF AMIN MEMINTA PEMDA DAN PELAKU USAHA MEMPERLUAS CAKUPAN KEPESERTAAN BPJS KETENAGAKERJAAN    WAPRES MA’RUF AMIN: KEIKUTSERTAAN DALAM BPJS KETENAGAKERJAAN MERUPAKAN SALAH SATU MITIGASI HADAPI KRISIS EKONOMI   PEMERINTAH TEKANKAN PENTINGNYA SETIAP PEKERJA TERDAFTAR SEBAGAI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN   KASUS KORONA MASIH TINGGI, WALI KOTA DEPOK LARANG WARGANYA GELAR PERLOMBAAN 17 AGUSTUS PERINGATI HUT KE-75 RI   MENKOP UKM TETEN MASDUKI: DANA HIBAH UNTUK UMKM SENILAI RP 2,4 JUTA AKAN MULAI DICAIRKAN PADA 17 AGUSTUS 2020   IKATAN DOKTER INDONESIA APRESIASI POLDA BALI TETAPKAN JERINX SID SEBAGAI TERSANGKA KASUS DUGAAN UJARAN KEBENCIAN   DINAS PERTAMANAN DAN HUTAN DKI AKUI DANA INSENTIF BAGI PETUGAS PEMAKAMAN COVID-19 MASIH DALAM PROSES PENCAIRAN   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL