Kompas TV nasional berita kompas tv

Calon Tunggal Kapolri Komjen Idham Azis Jalani Fit and Proper Test

Kompas.tv - 30 Oktober 2019, 16:22 WIB
Penulis : Deni Muliya

Kepala Bareskrim Polri, Komjen Idham Azis bersama jajarannya begitu sampai di komplek Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) langsung menuju ruang rapat Komisi III.

Kedatangan Idham bersama rombongan ini hendak mengikuti uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) pencalonan Kapolri.

Idham Azis diusulkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal (Purnawirawan) Tito Karnavian yang menjadi Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi mengungkapkan dalam jumpa pers bersama awak media di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Pengganti Kapolri sudah kami ajukan, hari ini (23/10/2019) ke DPR. Penggantinya adalah Pak Idham Azis (Kabareskrim),” kata Jokowi, menegaskan.

Dalam fit and proper test itu Idham memaparkan visi, misi, dan berbagai program ke depan jika diamanahi menjadi Kapolri.

“Jika anggota dewan memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi kepala kepolisian negara republik Indonesia, maka dengan menguncapkan bismillahi tawakkaltu, saya siap menjalankan amanah ini,” ujar Idham dengan tegas.

Usai pemaparan di hadapan anggota Komisi III DPR, Idham mendapatkan berbagai pertanyaan dari perwakilan fraksi-fraksi.

Dengan lancar dan terarah, mantan Kapolda Metro Jakarta dan Kapolda Sulawesi Tengah itu mampu menjawabnya.

Respon dan jawaban Idham inilah yang dibawa Komisi III DPR untuk diplenokan bersama anggotanya secara tertutup.

“Selanjutnya kami akan mengambil keputusan terkait pencalonan Kapolri ini dalam rapat pleno tertutup. Setelah itu hasilnya akan kami sampaikan lewat pandangan fraksi-fraksi di rapat berikutnya,” ujar Ketua Komisi III DPR, Herman Hery.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x