Kompas TV nasional berita kompas tv

Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Demo Istana

Kompas.tv - 28 Oktober 2019, 17:44 WIB
Penulis : Deni Muliya

Mahasiswa dan komunitas yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bergerak (Ampera) menggelar unjuk rasa di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Massa yang tergabung itu merupakan mahasiswa Universitas Nasional (Unas), Front Mahasiswa Nasional (FMN), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Mereka menyampaikan sembilan tuntutan dalam demonstrasi tersebut.

Tuntutan itu diantaranya adalah meminta pemerintah segera hentikan persoalan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tak kunjung usai.

Massa juga membawa bendera Indonesia dan spanduk bertuliskan kritik untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin.

Tuntutan lainnya adalah menolak RUU Pertanahan dan Ketenagakerjaan.

Kemudian menolak kenaikan harga BPJS Kesehatan serta pemerintah segera berikan akses dan hak demokratis bagi rakyat Papua.

Namun demikian, menggunakan mobil komando, peserta aksi tak dapat berorasi hingga depan Istana Kpresidenan karena terjadi penutupan jalan menggunakan kawat berduri.

Melalui demonstrasi di hari sumpah pemuda ini para demonstrans berharap dapat melakukan mediasi langsung dengan pihak pemerintah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.