Kompas TV nasional berita kompas tv

Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Demo Istana

Senin, 28 Oktober 2019 | 17:44 WIB

Mahasiswa dan komunitas yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bergerak (Ampera) menggelar unjuk rasa di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Massa yang tergabung itu merupakan mahasiswa Universitas Nasional (Unas), Front Mahasiswa Nasional (FMN), dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Mereka menyampaikan sembilan tuntutan dalam demonstrasi tersebut.

Tuntutan itu diantaranya adalah meminta pemerintah segera hentikan persoalan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tak kunjung usai.

Massa juga membawa bendera Indonesia dan spanduk bertuliskan kritik untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin.

Tuntutan lainnya adalah menolak RUU Pertanahan dan Ketenagakerjaan.

Kemudian menolak kenaikan harga BPJS Kesehatan serta pemerintah segera berikan akses dan hak demokratis bagi rakyat Papua.

Namun demikian, menggunakan mobil komando, peserta aksi tak dapat berorasi hingga depan Istana Kpresidenan karena terjadi penutupan jalan menggunakan kawat berduri.

Melalui demonstrasi di hari sumpah pemuda ini para demonstrans berharap dapat melakukan mediasi langsung dengan pihak pemerintah.

Editor : Deni Muliya



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:59
JUMLAH KASUS KORONA DI RUSIA: 1.570.446 POSITIF, 1.179.465 SEMBUH, 27.111 MENINGGAL DUNIA   WAKIL PM RUSIA TATIANA GOLIKOVA SEBUT TEMPAT TIDUR RS PASIEN KORONA DI 16 WILAYAH DI RUSIA SUDAH MENCAPAI KAPASITAS 90%   PHRI MALANG: TINGKAT OKUPANSI HOTEL DI KABUPATEN MALANG HARI INI MENCAPAI 60-70%   ANGKASA PURA I: JUMLAH KEDATANGAN PENUMPANG DOMESTIK DI BANDARA NGURAH RAI BALI CAPAI 9.539 ORANG PADA 28 OKTOBER 2020   URAI KEPADATAN KENDARAAN, JASA MARGA PERPANJANG PENERAPAN "CONTRAFLOW" DI TOL JAKARTA-CIKAMPEK HINGGA KM 65   DINKES BOGOR MINTA 17 WISATAWAN YANG REAKTIF TES CEPAT KORONA UNTUK TIDAK MELANJUTKAN PERJALANAN KE PUNCAK   SEBANYAK 17 WISATAWAN REAKTIF DARI HASIL TES CEPAT KORONA MASSAL DI 3 LOKASI KAWASAN PUNCAK BOGOR   TMII KEDATANGAN 10.000 PENGUNJUNG DI HARI KEDUA LIBUR PANJANG   LURAH CAKUNG TIMUR, JAKARTA TIMUR, PASTIKAN LIBUR PANJANG TAK HENTIKAN PROSES NORMALISASI KALI RAWA RENGAS   PRESIDEN JOKOWI BAGIKAN 22.007 SERTIFIKAT TANAH DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN, SUMATERA UTARA   PEMERINTAH: ADA 2 PROVINSI DAN 5 KABUPATEN/KOTA YANG TERAPKAN PSBB   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 502 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 29 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.463.884 SPESIMEN   HINGGA 29 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 68.888 ORANG