Kompas TV nasional berita kompas tv

Menko PMK Muhadjir Effendy Peringati Hari Sumpah Pemuda

Kompas.tv - 28 Oktober 2019, 12:48 WIB
Penulis : Deni Muliya

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemeno PMK) menggelar upacara peringatan sumpah pemuda di halaman kantornya, di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Upacara sumpah pemuda itu dipimpin langsung oleh Menko PMK, Muhadjir effendy.

Saat berpidato, Muhadjir mengingatkan kepada hadirin tentang pentingnya peran pemuda bagi bangsa Indonesia.

Muhadjir menjelaskan, 91 tahun yang lalu, para pemuda bersepakat menatap masa depan untuk menjadikan negara Nasional Kesatuan republik Indonesia (NKRI) ini.

Yakni NKRi berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 yang terwujud hingga kini.

“Itulah besarnya peranan pemuda pada waktu itu,” ujar Muhadjir.

“Kita juga harus tahu bahwa lahirrnya atau kehendak Indonesia memproklamasikan tahun 1945, ada peranan pemuda yang tak kalah penting. Karena pada waktu itu, proklamator Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta bersedia memproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan,” tutur Muhadjir.

“Proklamasi kemerdekaan juga karena berkat desakan para pemuda. Bahkan sang proklamator sampai “diculik” dan dipaksa segera mendeklarasikannya,” katanya, menegaskan.

Menurut Muhadjir, itulah contoh betapa heroiknya dan pentingnya peranan pemuda untuk bangsa ini.

“Tugas kita sebagai kementerian, yang juga bertanggung jawab membina dunia kepemudaan, saya mohon, hal ini bisa dihayati betul, betapa pentingnya peranan itu,” Muhuadjir menambahkan.

Usai berpidato dalam upacara sumpah pemuda itu, Muhadjir menyematkan anugerah tanda kehormatan bintang satyalancana karya kepada sejumlah aparatur sipil negara.

Ia berharap, dengan adanya penghargaan itu, bagi para penerima dapat meningkatkan pengabdiannya. (DMB)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.