Kompas TV nasional berita kompas tv

Warga Berburu Fosil dan Artefak Purba di Desa Semedo, Tegal

Kompas.tv - 26 Oktober 2019, 15:20 WIB

Rombongan yang berjalan kaki ini bukan sedang mengunjungi kebun ataupun sawah. Bersama warga setempat bernama dakri sebagai penunjuk jalan rombongan ini menelusuri wilayah Desa Semedo untuk mencari fosil dan artefak purba.

Saat menelusuri sungai kering rombongan pengunjung juga mendapati sebuah batu yang terdapat bekas gading gajah. Ternyata benar tak jauh dari batu itu ditemukan fosil yang diyakini sebagai tulang gajah purba atau Stegodon yang hidup 1,2 juta tahun lalu.

Hampir setiap hari Desa Semedo yang berada di ujung timur Kabupaten Tegal, Jawa Tengah tak pernah sepi dari kunjungan warga. Sejak dikenal sebagai desa situs purbakala Desa Semedo menjadi destinasi wisata purbakala.

Fosil tulang lutut gajah purba dan gigi ikan hiu menjadi temuan terbaru di kawasan Situs Semedo. Sebelumnya sudah ada sekitar 3000-an fosil dan artefak yang disimpan di Rumah Dakri antara lain tulang Banteng Jawa, tengkorak karnivora dan hewan-hewan laut. Untuk sementara semua temuan banyak disimpan di rumah milik Dakri.

#Fosil #DesaSemedo #Tegal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.