HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Tentang Soekarno Tak Pernah Usai - SINGKAP

Senin, 21 Oktober 2019 | 19:00 WIB

Soekarno adalah arsitek bangsa. Lulus sebagai insinyur teknik sipil di Techinishe Hoogeschol atau Sekolah Teknik Tinggi yang kini bernama ITB (Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1926, Soekarno memiliki bekal dan bakat di bidang arsitek. Sejumlah bangunan monumental di tanah air karya seni Bung Karno tak lepas dari nilai budaya bangsa. Budaya nusantara yang beragam menjadi inspirasi bung karno dalam menciptakan suatu bangunan. Salah satu bangunan monumental yang kental akan budaya adalah Tugu Nasional. Tugu yang menjadi icon Jakarta ini, semula didesain oleh Frederich Silaban. Namun, dalam perkembangannya, Soekarno mendesain lingga dan yoni pada Tugu Nasional dan melibatkan arstiek Soedarsono untuk perampungan desain monas. Siapa sangka, bentuk api Tugu Nasional yang terbuat dari emas merupakan liukan keris yang menjadi salah satu ciri khas Nusantara. Terbukti, Bung Karno memberi sentuhan nusantara di setiap karya arsitektur tanah air.

Lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur, Soekarno memiliki nama asli Koesno Sosrodiharjo. Sejak kecil Soekarno dikenal cerdas dan berprestasi. Memasuki usia remaja, Soekarno mulai mengenal organisasi dan belajar berorganisasi melalui Serikat Islam yang didirikan oleh H.O.S Cokroaminoto. Pada Tahun 1918, Soekarno tergabung dalam organisasi pemuda bernama TRI KORO DARMO yang dikenal dengan nama JONG JAVA.Di rumah Cokroaminoto, Soekarno muda mulai belajar berpolitik dan berlatih pidato. Tak heran, Soekarno piawai berpidato dan mampu membangun semangat jiwa rakyat kala itu. Namun, dalam perjalanan politiknya tak selalu mulus. Meski menjadi tokoh yang disegani dan berpengaruh di tanah air, Soekarno sering kali mendapat percobaan pembunuhan. Mulai dari peristiwa pelemparan granat di sekolah putrinya di kawasan Cikini hingga tembakan dari atas pesawat yang membuat teras istana hancur. Bahkan saat melaksanakan ibadah sholat Idul Adha, Soekarno hendak dibunuh, namun lagi-lagi Soekarno lolos dari maut.

Pertengahan Desember 1967, Soekarno diperintahkan meninggalkan paviliun Istana Bogor dan tinggal di kediamannya, di Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. Kondisi yang tak layak, membuat kesehatan Bung Karno menurun. Perlengkapan alat medis yang terbatas, menyebabkan sakit ginjal Soekarno semakin parah. Kondisi Soekarno pun semakin memburuk dan kesadaran berangsur menurun. Tepat 21 Juni 1970, Sang Proklamator tutup usia, duka menyelimuti tanah air. Soekarno dimakamkan di Kota Blitar, Jawa Timur di pemakaman umum, berdampingan dengan makam kedua orangtuanya. Rakyat pun menyambut kedatangan jenazah bapak bangsa. Jasadnya telah pergi, namun jasanya tetap hati.

#Soekarno #Singkap

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Perampokan Toko Roti

Sabtu, 29 Februari 2020 | 07:27 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:10
SEORANG WARGA INGGRIS YANG MENJADI PENUMPANG KAPAL DIAMOND PRINCESS MENINGGAL AKIBAT VIRUS KORONA    AKIBAT VIRUS KORONA, PM JEPANG SHINZO ABE UMUMKAN SELURUH SEKOLAH DILIBURKAN MULAI 2 MARET 2020   CEGAH VIRUS KORONA, KBRI DI MADRID, SPANYOL, IMBAU WNI TUNDA DAN BATASI BEPERGIAN   IRAN UMUMKAN 388 WARGANYA POSITIF VIRUS KORONA   WAKIL KETUA DPR SUFMI DASCO AHMAD MINTA KEMENDAGRI BENTUK DESK PENCEGAHAN VIRUS KORONA   DIREKTUR RSUD AMPANA SEBUT WARGA PERANCIS YANG DIISOLASI NEGATIF VIRUS KORONA   PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN DAN PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN BAHAS SURIAH DI MOSKWA PEKAN DEPAN    MEKSIKO UMUMKAN KASUS PERTAMA VIRUS KORONA, DUA WARGANYA YANG BARU KUNJUNGI ITALIA POSITIF TERJANGKIT   SEKJEN NATO JENS STOLTENBERG MENDESAK RUSIA DAN SURIAH HENTIKAN SERANGAN DI IDLIB   SEORANG WARGA ITALIA YANG BARU PULANG DARI NEGARANYA MENJADI PASIEN VIRUS KORONA PERTAMA DI NIGERIA   PENYIDIK KPK DALAMI HUBUNGAN ANTARA KETUA KPU ARIEF BUDIMAN DAN EKS CALEG PDI-P HARUN MASIKU    SEJUMLAH BIOSKOP DI KAWASAN DAEGU, KORSEL, DITUTUP SEMENTARA UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN PASTIKAN BELUM ADA RENCANA PEMBAHASAN "RESHUFFLE" OLEH PRESIDEN JOKOWI   KEMKOMINFO MENYATAKAN SIAP MERAMPUNGKAN PERATURAN PEMERINTAH TERKAIT PUSAT DATA DALAM SATU MINGGU