Kompas TV nasional berita kompas tv

Deklarasi Damai Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

Kompas.tv - 18 Oktober 2019, 16:38 WIB
Penulis : Deni Muliya

Jelang pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang, pengamanan tak hanya berlaku di dalam dan luar gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat. Di luar teritorial Jakarta Pusat ini pun pengamanan diperketat.

Hari ini, Jumat (18/10/2019), 2300 personel gabungan TNI-Polri di wilayah Jakarta Utara juga menggelar apel pengamanan jelang pelantikan presiden-wapres di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara.

Wilayah Jakarta Utara adalah letak rumah kediaman Wakil Presiden terpilih Ma`ruf Amin, hasil pemilu 2019, tepatnya di Koja, Jakarta Utara. Tapi sejauh ini tak ada pengamanan khusus di kediaman Ma`ruf Amin.

Untuk wilayah Jakarta Utara ini pembagian pengamanannya ada tiga eskalasi. Pertama eskalasi hijau, kuning, dan merah.

Pada eskalasi hijau atau normal, tingkatnya akan dinaikan menjadi kuning bila terjadi kerawanan. Upaya penyekatan pun dilakukan di perbatasan Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Sementara itu di Bogor, jelang pelantikan Presiden dan Wapres, masyarakatnya menciptakan situasi aman dan kondusif.

Ratusan orang yang terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), warga dan kelompok siswa Bogor menggelar deklarasi damai, di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk memberi dorongan kepada masyarakat luas agar tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang negatif.

“Semua peserta juga membubuhkan tanda tangannya sebagai bentuk nyata mendukung situasi dan kondisi yang aman dan kondusif,” kata Bupati Bogor, Ade Yasin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x