HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Efektif Turunkan Angka Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta, Kamera Tilang Elektronik Ditambah

Kamis, 17 Oktober 2019 | 16:05 WIB

Pemerintah DKI Jakarta 10 Oktober lalu setuju menambah 45 kamera tilang elektronik di jalanan ibu kota. Tambahan kamera ini akan memperkuat Polda Metro Jaya yang sebelumnya telah memiliki 12 kamera tilang elektronik.

45 kamera tilang elektronik akan tersebar di sejumlah titik Jakarta. Seperti dari Kota Tua hingga Senayan, juga di Jalur Rasuna Said-Gunung Sahari dan Prof Dr. Satrio.

Kamera tambahan ini melengkapi 12 kamera yang sebelumnya terpasang di Jalan Thamrin hingga Jenderal Sudirman. Salah satu lokasi kamera tilang elektronik berada di jembatan penyeberangan orang di depan Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Enam kamera yang terpasang di jalan tersebut melakukan pemantauan dan pemotretan sejumlah pelanggaran yang dilakukan pengguna jalan. Tilang elektronik dinilai pengguna jalan efektif menjerat pelanggar aturan, sehingga membuat warga lebih disiplin berlalu lintas.

Tilang elektronik mulai diterapkan Polda Metro Jaya sejak 1 Juli 2019 lalu. Sebelum diterapkan, program ini sudah diujicoba sejak November 2018. Tilang elektronik dinilai efektif karena mampu merekam dan mengetahui identitas pelanggar lalu lintas.

Penggunaan kamera CCTV berfungsi merekam wajah pelanggar, seperti tidak memakai sabuk pengaman, mengunakan telepon genggam saat mengemudi, dan lain-lain. Hasil jepretan kamera langsung dikirim ke server Polda Metro Jaya.

Penerapan sistem tilang elektronik terbukti efektif mengurangi angka pelanggaran lalu lintas. Kecanggihan sistem ini diklaim menurunkan jumlah pelanggar lalu lintas hingga 40 persen.

Penulis : Idham Saputra | Editor : Reny Mardika




BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:39
FEDERASI BURUH LINTAS PABRIK MINTA PEMERINTAH BANGUN KAWASAN INDUSTRI YANG TERINTEGRASI KEBUTUHAN PRAKERJA   BAWASLU INGATKAN ASN YANG MENCALONKAN DIRI SEBAGAI KEPALA DAERAH HARUS MUNDUR DARI JABATANNYA   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS PERINTAHKAN JAJARANNYA BERTINDAK TEGAS TERHADAP BANDAR NARKOBA   KAPOLRI JENDERAL IDHAM AZIS MENYATAKAN JAJARANNYA TELAH MENYITA 6,9 TON NARKOBA SEJAK AWAL JANUARI 2020   KEMENSOS: BANSOS TUNAI DI LUAR JABODETABEK DILANJUTKAN HINGGA DESEMBER 2020 SENILAI RP 300.000 PER BULAN   KEMENSOS: BANSOS BAHAN POKOK DI JABODETABEK DILANJUTKAN HINGGA DESEMBER 2020 SENILAI RP 300.000 PER BULAN   PEMPROV DKI BERLAKUKAN GANJIL-GENAP UNTUK TOKO YANG AKAN DIBUKA PADA FASE PERTAMA MASA TRANSISI PSBB   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS TEGASKAN PSBB PROPORSIONAL BUKAN BERARTI EUFORIA AKTIVITAS KEMBALI BEBAS   MASIH ZONA MERAH, 25 RW DI KOTA DEPOK BELUM BISA MEMASUKI PSBB PROPORSIONAL   PEMERINTAH MENYATAKAN PEMBUKAAN 9 SEKTOR EKONOMI HANYA BERLAKU BAGI DAERAH YANG BERSTATUS ZONA HIJAU   MUI MINTA JEMAAH GUNAKAN MASKER, MEMBAWA SAJADAH, BERWUDU DARI RUMAH, DAN MENJAGA JARAK   MUI TELAH MENETAPKAN FATWA PELAKSANAAN SHALAT JUMAT SELAMA MASA PSBB TRANSISI   MUI DKI MEMPERBOLEHKAN UMAT MUSLIM SHALAT JUMAT DI MASJID DALAM DUA GELOMBANG DI TENGAH PANDEMI   JAGA STABILITAS FINANSIAL DI MASA PANDEMI BERSAMA M ANDOKO. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID