HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

TNI Polri Siaga Amankan Pelantikan Presiden-Wapres

Kamis, 17 Oktober 2019 | 12:14 WIB

Mulai hari ini, Kamis (17/10/2019), sebanyak 30.000 personel gabungan TNI Polri disiagakan untuk pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Hal ini diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Lapangan Monas, Jakarta.

“Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini, pasukan insert ke wilayah-wilayah sesuai dengan tanggung jawabnya,” kata Hadi.

Pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dilaksanakan pada 20 Oktober nanti di gedung DPR/MPR.

Menurut Hadi, mekanisme pengamanan akan dibagi dalam tiga lapisan (ring). Lapisan pertama menjadi tanggung jawab Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Lapisan kedua ditangani oleh TNI. Sedangkan lapisan terakhir atau ketiga merupakan tanggung jawab pasukan gabungan antara TNI-Polri dan instansi lainnya.

Tokoh-tokoh yang diamankan terdiri dari presiden-wapres beserta keluarganya, kepala negara, kepala pemerintahan, tamu dari luar negeri, dan utusan khusus.

Pengamanan dilakukan di beberapa tempat dan sejumlah objek vital di Jakarta dan sektiarnya.

Diantaranya adalah di gedung DPR/MPR sebagai tempat dilaksanakannya pelantikan. Istana Presiden dan kawasan Glodok serta Jembatan Tiga.

"Beberapa tempat yang menjadi konsentrasi diantaranya adalah Gedung DPR/MPR itu sendiri, dengan perimeter yang sudah kita tentukan. Ada beberapa titik kritis yang harus kita perkuat termasuk adalah Istana Presiden," ujar Panglima TNI.

Wilayah-wilayah lain yang menjadi konsentrasi pengamanan antara lain tempat-tempat ekonomi seperti Glodok, Jembatan Tiga dan lain sebagainya.

Selain itu, lanjut Hadi, pengamanan juga dilakukan meliputi sarana publik seperti di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, PLN Gandul, dan tempat logistik Pertamina.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:46
CHARLES HONORIS: KESEPAKATAN TRILATERAL DIPERLUKAN UNTUK ANTISIPASI PENCULIKAN WNI OLEH KELOMPOK ABU SAYYAF   ANGGOTA KOMISI I DPR CHARLES HONORIS MINTA PEMERINTAH DESAK FILIPINA & MALAYSIA JALANKAN KESEPAKATAN TRILATERAL   PEMKOT TANGERANG SELATAN AKUI KEBERATAN DENGAN WACANA PEMERINTAH YANG AKAN MENCABUT SUBSIDI ELPIJI 3 KG   KEJAGUNG BELUM BERENCANA MEMANGGIL OJK TERKAIT KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASURANSI JIWASRAYA   KEJAGUNG PASTIKAN ADA ASET MILIK TERSANGKA KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASURANSI JIWASRAYA DI LUAR NEGERI   KEJAGUNG BLOKIR 35 REKENING MILIK TERSANGKA KASUS DUGAAN KORUPSI PT ASURANSI JIWASRAYA   WAKIL WALI KOTA TANGERANG SELATAN BERHARAP GAJI PEGAWAI HONORER YANG AKAN MENJADI PPPK DITANGGUNG OLEH APBN   KOMISI III DPR AKAN PANGGIL MENKUMHAM YASONNA LAOLY UNTUK MEMINTA PENJELASAN SOAL KEBERADAAN HARUN MASIKU   KEMENDAGRI DORONG INOVASI DAN FASILITASI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI DAERAH   WAPRES MA'RUF AMIN TEGASKAN KERAJAAN FIKTIF HARUS DIBUBARKAN DAN DILARANG   MENAG FACHRUL RAZI BANTAH INSTRUKSIKAN JAJARANNYA UNTUK MENGATUR DAN MENYUSUN TEKS KHOTBAH JUMAT DI MASJID   KETUA DPR PUAN MAHARANI MEMINTA KAWASAN MONAS TAK DIUBAH DAN DIKEMBALIKAN SEPERTI ASLINYA   SETAHUN TAK BEROPERASI, GARUDA INDONESIA KEMBALI BUKA PENERBANGAN DI BANDARA BETOAMBARI, KOTA BAUBAU, SULTRA   BUPATI SUKABUMI TINGKATKAN KEWASPADAAN & KESIAPSIAGAAN HADAPI PUNCAK MUSIM HUJAN PADA FEBRUARI 2020