Kompas TV video cerita indonesia

Fenomena Sindrom Langka Pada Bayi Kembar, Ini Penjelasan Dokter

Kompas.tv - 15 Oktober 2019, 18:15 WIB
Penulis : Yuilyana | Editor : Idham Saputra

Bayi kembar Irish Bella dan Ammar Zoni dinyatakan meninggal dalam usia 26 minggu. Salah satu janin mengalami perubahan sistem pembuluh darah. Ternyata di Indonesia, pada ibu hamil kembar didapati 3 kasus dari 1000 kehamilan dalam 1 hari.

Twin to Twin Transfusion Syndrom(TTTS) adalah penyakit plasenta yang memengaruhi kehamilan kembar identik. ciri-ciri twin-to-twin transfusion syndrome bisa dideteksi awal dari melihat perbedaan ukuran janin dengan jenis kelamin sama, perbedaan ukuran antara dua kantung ketuban, perbedaan ukuran tali pusar, plasenta tunggal bukti cairan menumpuk dalam kulit janin, penemuan gagal jantung kongestif pada bayi kembar resipien.

Namun tak menutup kemungkinan penyebab TTTS ini juga dikarenakan faktor keturunan. Namun untuk di Indonesia sendiri ditemukan 3 kasus dari 1000 kehamilan. Meski begitu diagnosa awal dan pencegahannya masih dapat dilakukan dengan maksimal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.