HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Fakta Soal "Tol Langit", dari Mangkrak Hampir 10 Tahun Hingga Diresmikan Jokowi

Senin, 14 Oktober 2019 | 17:25 WIB

Presiden Jokowi resmi memulai operasi jaringan serat optik nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/19) pagi. Dalam peresmian ini, presiden didampingi jajaran menteri kabinet kerja. Salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang bertanggung jawab dalam proyek ini.

Hadir pula dalam peresmian, yakni Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Jaringan palapa ring disebut juga tol langit yang akan menyalurkan internet cepat dan mempermudah penyaluran komunikasi dan informasi ke 34 provinsi dan 514 kabupaten kota se-tanah air.

Palapa Ring sempat terancam hanya sekadar mimpi. Sebab, pembangunannya pernah mangkrak hampir satu dekade sejak diwacanakan pada 2007 lalu.

Barulah pada 2015, pemerintah bertekad merealisasikan proyek Palapa Ring. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akhirnya memulai tender proyek Palapa Ring yang dibagi menjadi tiga paket, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Palapa Ring Barat meliputi wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Natuna), Palapa Ring Tengah mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kepulauan Sangihe-Talaud).

Sementara Palapa Ring Timur menjangkau wilayah NTT, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Pada 2016, proyek tersebut mulai dijalankan, dan pembangunannya rampung pada tahun 2019.

#PalapaRing #TolLangit #Jokowi

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
11:51
MALANG RAYA AKAN JALANI MASA TRANSISI SELAMA 7 HARI SEBELUM PENERAPAN "NEW NORMAL"   MASA PENERAPAN PSBB DI MALANG RAYA AKAN BERAKHIR PADA SABTU, 30 MEI 2020   PT KAI DAOP 6 YOGYAKARTA PERPANJANG PEMBATALAN KERETA API JARAK JAUH DAN BANDARA HINGGA 30 JUNI 2020   PEMDA YOGYAKARTA PERPANJANG STATUS TANGGAP DARURAT VIRUS KORONA HINGGA 30 JUNI 2020   POLDA JABAR SEBUT PERSONEL YANG LAKUKAN PENJAGAAN SAAT PENERAPAN “NEW NORMAL” TIDAK DILENGKAPI SENJATA   BPTJ TEGASKAN PENUMPANG PESAWAT KE DKI JAKARTA WAJIB TUNJUKKAN HASIL PCR SERTA SURAT IZIN KELUAR MASUK JABODETABEK   KEMENSOS: BANTUAN LANGSUNG TUNAI TAHAP KEDUA BAGI WARGA TERDAMPAK PANDEMI KORONA CAIR AWAL BULAN JUNI 2020   IKATAN GURU INDONESIA (IGI) MINTA KEMENDIKBUD GESER TAHUN AJARAN BARU KE JANUARI 2021 KARENA PANDEMI BELUM MEREDA   HARI INI, MANTAN KOMISIONER KPU WAHYU SETIAWAN JALANI SIDANG PERDANA KASUS DUGAAN SUAP DI PENGADILAN TIPIKOR   PERLUDEM MENGINISIASI PETISI PENUNDAAN PILKADA 2020 KE 2021 KARENA PANDEMI KORONA   PERLUDEM SAYANGKAN PUTUSAN PILKADA 2020 TETAP DIGELAR DI TENGAH PANDEMI KORONA   KPU BUTUH TAMBAHAN ANGGARAN RP 535,981 MILIAR UNTUK TETAP MENGGELAR PILKADA TAHUN INI   PEMERINTAH AKAN CABUT REGULASI PSBB UNTUK MELAKSANAKAN PROTOKOL TATANAN NORMAL BARU   PRESIDEN JOKOWI MINTA PROTOKOL TATANAN NORMAL BARU DISOSIALISASIKAN SECARA MASIF KE MASYARAKAT