Kompas TV video cerita indonesia

Fakta Soal "Tol Langit", dari Mangkrak Hampir 10 Tahun Hingga Diresmikan Jokowi

Kompas.tv - 14 Oktober 2019, 17:25 WIB
Penulis : Desy Hartini

Presiden Jokowi resmi memulai operasi jaringan serat optik nasional di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/19) pagi. Dalam peresmian ini, presiden didampingi jajaran menteri kabinet kerja. Salah satunya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang bertanggung jawab dalam proyek ini.

Hadir pula dalam peresmian, yakni Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Jaringan palapa ring disebut juga tol langit yang akan menyalurkan internet cepat dan mempermudah penyaluran komunikasi dan informasi ke 34 provinsi dan 514 kabupaten kota se-tanah air.

Palapa Ring sempat terancam hanya sekadar mimpi. Sebab, pembangunannya pernah mangkrak hampir satu dekade sejak diwacanakan pada 2007 lalu.

Barulah pada 2015, pemerintah bertekad merealisasikan proyek Palapa Ring. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara akhirnya memulai tender proyek Palapa Ring yang dibagi menjadi tiga paket, yakni Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur.

Palapa Ring Barat meliputi wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Natuna), Palapa Ring Tengah mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kepulauan Sangihe-Talaud).

Sementara Palapa Ring Timur menjangkau wilayah NTT, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Pada 2016, proyek tersebut mulai dijalankan, dan pembangunannya rampung pada tahun 2019.

#PalapaRing #TolLangit #Jokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x