HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Hujat Wiranto di Medsos, Istri Anggota TNI AU Diperiksa

Senin, 14 Oktober 2019 | 10:43 WIB

Irma Purnama Dewi Nasution, istri mantan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1417 Kendari, Kolonel Hendi Suhendi, dilaporkan ke polisi. Ia dilaporkan ke Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) karena mengunggah postingan nyinyir terkait Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto usai ditusuk di alun-alun Menes, Pandeglang, Banten.

“Laporannya sudah kami terima minggu kemarin (13/10). Sekarang sedang dipelajari untuk didalami”, kata Kabid Humas Polda Sultram AKBP Harry Goldenhardt. Menurut Harry, pihak melaporkan Irma tak lain adalah anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) Kendari. “Yang membuat pengaduannya M. Harlan Paryatman,” ungkapnya, menegaskan.

Atas laporan ini, sebanyak lima puluh lebih pengacara di Kendari siap mendampingi Irma Purnama Dewi Nasution. Mereka akan membela Irma yang terancam melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Salah satu pengacara Irma, Supriadi mengungkapkan bahwa dia bersama lima puluh lebih pengacara lainnya di Kendari sedang menyiapkan strategi hukum untuk menghadapi laporan tersebut.

Menurut Supriadi, UU ITE bersifat pribadi sehingga yang berhak mengadu adalah orang yang dirugikan. Saat ini tidak ada orang yang merasa dirugikan terkait kasus tersebut. “Dalam status di akun media sosialnya (Irma) tidak menyebutkan nama atau pun individu”, ujar Supriadi.

Terkait kasus postingan di media sosial tersebut, jika Irma terancam hukuman pidana lewat UU ITE, maka sang suami, Kolonel Hendi Suhendi, dijatuhi sanksi berat berupa pencopotan jabatan. Kolonel Hendi dicopot dari jabatan Dandim 14 17 Kendari. Ia digantikan Kolonel Alamsyah sejak Sabtu (12/10) lalu. "Saya prajurit yang setia dan hormat keputusan pimpinan. Saya dan keluarga ikhlas menerima keputusan komandan," kata Hendi Suhendi didampingi istrinya di Kendari.

Bagi Kolonel Alamsyah, khalayak agar menggunakan media sosial sesuai dengan peruntukannya. Teruntuk istrinya, ia mengimbau supaya memetik hikmah dari persoalan tersebut dan menjaga unggahan medsos sesuai dengan jati diri suami sebagai anggota TNI. "Seorang anggota TNI harus profesional dan tidak terjebak dalam hoaks," ujar Alamsyah.

Sementara itu, Polda Jawa Timur masih terus menyelidiki kasus ujaran nyinyir melalui media sosial yang dilakukan FS, istri Peltu YNS, Anggota TNI AU. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera menyatakan bahwa pihaknya sedang mencari alat bukti berupa konten postingan bernada ujaran nyinyir yang dibuat oleh FS. "Formilnya kami buat laporan polisi dan berita acaranya. Sekaligus menelusuri postingan itu. Walaupun sudah dihapus rekam jejak digitalnya masih tetap ada," kata Frans, di Mapolda Jatim.

Penulis : Deni Muliya | Editor : edika ipelona




VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:57
STADION MANAHAN, SOLO, JATENG, JADI SATU DARI ENAM KANDIDAT LOKASI PERTANDINGAN PIALA DUNIA U-20   INDIA AKAN BANGUN STADION KRIKET TERBESAR KETIGA DI DUNIA DENGAN KAPASITAS 75.000 PENONTON DI PINGGIRAN KOTA JAIPUR   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 11.130.201 POSITIF, 6.002.500 SEMBUH, 526.156 MENINGGAL DUNIA   IRAK BERENCANA BARTER MINYAK DENGAN MAKANAN DARI LEBANON   MENKEU INGGRIS RISHI SUNAK MINTA WARGANYA UNTUK MAKAN DI LUAR RUMAH GUNA BANTU PULIHKAN EKONOMI NEGARA   WHO AKAN TINJAU HASIL UJI COBA OBAT VIRUS KORONA DALAM DUA PEKAN KE DEPAN   WHO: HAMPIR 30% DARI 60.000 SAMPEL KORONA MENUNJUKKAN ADA TANDA MUTASI, TETAPI TIDAK SEBABKAN PENYAKIT LEBIH PARAH   HINGGA 4 JULI 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI PAPUA: 1.942 POSITIF, 880 SEMBUH, 16 MENINGGAL DUNIA   PEMPROV PAPUA PERPANJANG MASA TANGGAP DARURAT PENANGANAN KORONA HINGGA 31 JULI 2020   SEBANYAK 30 PETAMBANG DI KOLAKA UTARA, SULAWESI TENGGARA, POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 138 DARI 145 PASIEN POSITIF KORONA DI KABUPATEN MAGELANG, JATENG, TELAH DINYATAKAN SEMBUH   WAKIL WALI KOTA TANGSEL, BENYAMIN DAVNIE, SEBUT BANYAK WARGANYA MINTA PELONGGARAN UNTUK RESEPSI PERNIKAHAN   PSBB DI KOTA TANGERANG SELATAN BERLANGSUNG HINGGA 12 JULI 2020   JADI TERSANGKA KPK, KETUA DPRD KUTAI TIMUR ENCEK UR FIRGASIH DIPECAT DARI PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN