HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Melati Suci untuk Ibu Fatmawati - SINGKAP

Minggu, 13 Oktober 2019 | 20:40 WIB

Pengasingan seolah telah melekat dengan seorang Ir. Soekarno. Usai menjalani hukuman sebagai interniran di Ende Flores pada tahun 1934 hingga tahun 1938, Bung Karno harus dipindahkan ke daerah lain karena kondisinya melemah akibat penyakit malaria. Maka dengan berbagai pertimbangan, Bung Karno dipindahkan ke daerah Bengkulu. Dalam masa pengasingannya di Bengkulu, Ia tak luput dari pengawasan pemerintah kolonial Belanda mulai dari akses berkelana hingga komunikasi semua dibatasi. Namun itu tak menyurutkan antusias rakyat asli Bengkulu untuk datang dan mengunjungi orang nomor satu tersebut.

Semasa pengasingannya, Bung Karno menerima upah sebagai interniran sebesar 150 gulden dan digunakannya untuk membangun sebuah masjid yang dikenal dengan masjid Jamik. Bukan hanya membangun masjid, untuk menyalurkan kegiatan seni arsitekturnya, Bung Karno juga membuatkan design rumah untuk warga setempat. Selain itu, meskipun mendapat pengawasan ketat Bung Karno berusaha aktif membentuk beberapa komunitas untuk membangkitkan semangat nasionalisme warga setempat. Salah satunya dengan cara membentuk komunitas seni sandiwara monte carlo. Dalam pengasingannya Bung Karno juga berhubungan dengan tokoh-tokoh pergerakan di Bengkulu, salah satunya adalah Hassan Din, yang merupakan ayah dari Fatimah atau Fatmawati. Dari perkenalan inilah perasaan Bung Karno kepada Fatmawati berlanjut, hingga akhirnya mereka menikah ditanggal 1 Juni 1943. Setelah kemerdekaan Ia pun berhak menyandak predikat ibu negara pertama diusianya yang ke 22 tahun. Tidak ada contoh sebelumnya bagaimana seorang ibu negara harus bersikap, tapi dirinya dengan elegan dapat menunjukkan bahwa dirinya layak dan siap.

Pada tahun 1943, menjadi masa yang penuh gejolak dan membuat Bung Karno serta Fatmawati berfikir untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kemerdekaan sendiri. Salah satunya adalah mempersiapkan bendera sang saka merah putih. Siapa sangka kondisi Fatmawati kala itu sedang hamil besar anak pertama dan harus bersusah payah menjahit bendera berukuran 2 x 3 meter. Tak hanya dikenang sebagai penjahit bendera Indonesia yang pertama, namun Fatmwati juga dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan nama Bengkulu sebagai sebuah provinsi. Tak hanya ditengah lingkungan sebagai ibu negara, keteladanan ini juga diperlihatkan ditengah keluarga. Salah satunya seperti cerita yang dilontarkan oleh seorang Guruh Sukarno Putra, anak terakhir Sukarno dan Fatmawati. Hingga akhirnya terciptalah lagu melati suci ciptaannya yang Ia persembahkan untuk sang Ibu.

#Singkap #fatmawati #indonesia

Penulis : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
07:04
BATAN PERSILAKAN POLISI USUT DUGAAN PEGAWAINYA JUAL JASA DEKONTAMINASI RADIOAKTIF DI SITUS JUAL BELI DARING   OMBUDSMAN MINTA PEMPROV DKI HENTIKAN SEMENTARA PROYEK REVITALISASI MONAS & PEMBANGUNAN SIRKUIT FORMULA E   PEMERINTAH RUSIA UMUMKAN PEMBATASAN PERJALANAN DARI IRAN & KOREA SELATAN KARENA PENYEBARAN VIRUS KORONA   SELANDIA BARU UMUMKAN SEORANG WARGANYA YANG BARU BERKUNJUNG DARI IRAN & SINGGAH DI BALI POSITIF VIRUS KORONA   PEMERINTAH GUNAKAN PESAWAT GARUDA INDONESIA JENIS AIRBUS 330 UNTUK EVAKUASI 68 WNI DARI KAPAL DIAMOND PRINCESS   KEMENKES TEGASKAN TAK PERNAH KELUARKAN ZONA KUNING TERKAIT KEWASPADAAN ATAU KEDARURATAN VIRUS KORONA   KEMENKES BANTAH INFORMASI TENTANG SEJUMLAH KOTA YANG DISEBUT SEBAGAI ZONA KUNING PENYEBARAN VIRUS KORONA    MEKSIKO UMUMKAN KASUS PERTAMA VIRUS KORONA, DUA WARGANYA YANG BARU KUNJUNGI ITALIA POSITIF TERJANGKIT   SEKJEN NATO JENS STOLTENBERG MENDESAK RUSIA DAN SURIAH HENTIKAN SERANGAN DI IDLIB   SEORANG WARGA ITALIA YANG BARU PULANG DARI NEGARANYA MENJADI PASIEN VIRUS KORONA PERTAMA DI NIGERIA   PENYIDIK KPK DALAMI HUBUNGAN ANTARA KETUA KPU ARIEF BUDIMAN DAN EKS CALEG PDI-P HARUN MASIKU    SEJUMLAH BIOSKOP DI KAWASAN DAEGU, KORSEL, DITUTUP SEMENTARA UNTUK CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN PASTIKAN BELUM ADA RENCANA PEMBAHASAN "RESHUFFLE" OLEH PRESIDEN JOKOWI   KEMKOMINFO MENYATAKAN SIAP MERAMPUNGKAN PERATURAN PEMERINTAH TERKAIT PUSAT DATA DALAM SATU MINGGU